Senin, 21 October 2019

Dari Sekolah yang Melarang Siswanya Membawa Ponsel Hingga Ketentuan Izin Kegiatan Keagamaan

Jika Anda punya pertanyaan lain, silakan kirim ke Klinik Hukumonline.
Tim Hukumonline

Klinik Hukumonline dengan taglinenya “yang bikin melek hukum, emang klinik hukum”memberikan kesempatan luas kepada masyarakat untuk bertanya dan memperoleh jawaban dari para praktisi maupun ahli atas masalah hukum sehari-hari. Tim Klinik menyajikan informasi hukum ke dalam artikel yang mudah dicerna masyarakat. Tak hanya artikel, kini edukasi hukum yang disampaikan oleh Klinik Hukumonline telah hadir dalam berbagai format seperti infografis, video, chatbot, hingga podcast.

 

Berdasarkan hasil rangkuman tim Klinik Hukumonline, berikut adalah 10 artikel terpopuler di media sosial yang terbit sepanjang sepekan terakhir. Mulai dari peraturan sekolah yang melarang siswanya membawa ponsel, hingga ketentuan izin kegiatan keagamaan.

 

1. Bolehkah Sekolah Menyita Ponsel Siswa?

Larangan membawa ponsel ke sekolah sudah jadi tata tertib yang tidak asing lagi. Meskipun demikian, apakah sekolah dapat menyita ponsel tersebut jika siswa-siswinya melanggar peraturan? Apakah dapat dibenarkan penyitaan tersebut?

 

Penjelasan selengkapnya silakan simak ulasan ini.

 

2. Bolehkah Menikah dengan Wanita Muslim yang Baru Bercerai?

Seorang wanita Muslim yang baru bercerai harus memerhatikan ketentuan-ketentuan tertentu jika ingin menikah kembali, termasuk masa idahnya. Ketentuan apalagi yang harus dipahami jika ia ingin menikah lagi dengan laki-laki lain?

 

Untuk ulasan selengkapnya, silakan baca di sini.

 

3. Tanggung Jawab Pengelola atas Kejahatan di Mall

Pihak Kepolisian tentu saja akan menindaklanjuti tindak pidana yang terjadi di area mall, namun bagaimana peran satpam dalam penegakan hukum pidana di area mall? Lalu, apakah pihak mall bertanggung jawab atas kerugian yang diderita korban tindak pidana?

 

Penjelasan selengkapnya dapat Anda simak di sini.

 

4. Status Karyawan dalam Perusahaan Joint Venture

Jika perusahaan tempat Anda bekerja melakukan joint venture dengan perusahaan lain, bagaimana hak Anda sebagai pekerja? Apakah pihak perusahaan berhak untuk memindahkan Anda ke mitra usaha tersebut?

 

Penjelasan selengkapnya dapat Anda baca di sini.

 

5. Jika Anak Menolak Bersaksi karena Dipengaruhi

“Anak Saksi” adalah sebutan bagi anak yang memberikan keterangan sebagai saksi di pengadilan. Anak tersebut memiliki beberapa keistimewaan sebagai saksi. Lalu, apa saja keistimewaan tersebut dan bagaimana jika si anak menolak untuk bersaksi?

 

Simak ulasannya di sini.

 

6. Apakah Kepolisian Berhak Menerima Ganti Rugi Akibat Kecelakaan Lalu Lintas?

Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pihak lain menimbulkan kewajiban bagi pengemudi yang menyebabkan kecelakaan tersebut untuk membayar ganti kerugian kepada pihak yang mengalaminya. Apakah kepolisian merupakan pihak yang wajib diberikan ganti rugi atas fasilitas jalan yang rusak akibat kecelakaan?

 

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda baca di sini.

 

7. Jerat Pidana Jika Berkomentar Melecehkan di Media Sosial

Keterjangkauan media sosial bagi masyarakat luas memiliki dampak negatif. Salah satunya adalah kolom komentar yang dapat menjadi sarang bagi komentar-komentar yang merendahkan, bahkan melecehkan pengguna. Lalu, bagaimana sebenarnya ketentuan bagi komentar-komentar demikian?

 

Simak ulasannya di sini.

 

8. Jika Calon Karyawan Berbohong tentang Pengalaman Kerjanya

Bagi pencari kerja, menjiplak pengalaman kerja orang lain mungkin salah satu jalan untuk mengelabui pemberi kerja agar dapat diterima di suatu perusahaan. Namun, bagaimana akibat hukum dari perjanjian kerja berdasarkan kebohongan mengenai pengalaman kerja?

 

Simak ulasan selengkapnya di sini.

 

9. Haruskah Mengubah Kewarganegaraan karena Alasan Agama?

Bagaimana jika agama atau kepercayaan yang Anda anut (Yahudi misalnya) bukan merupakan agama atau kepercayaan yang dianut kaum mayoritas di Indonesia? Apakah Anda harus mengganti kewarganegaraan?

 

Penjelasan selengkapnya, dapat Anda simak di sini.

 

10. Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan, Haruskah Berizin?

Bagaimana sebenarnya ketentuan dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan? Apakah harus dengan izin pihak kepolisian?

 

Simak ulasan selengkapnya di sini.

 

Demikian 10 artikel pilihan pembaca yang paling ‘laris’ sepanjang minggu ini. Jika kamu punya pertanyaan, silakan kirim pertanyaan ke http://www.hukumonline.com/klinik. Kamu perlu log in dahulu sebelum mengajukan pertanyaan. Tapi sebelum kirim, silakan cek arsip jawabannya dulu ya! Siapa tahu sudah pernah dijawab oleh tim Klinik.

Belum ada tanggapan
Captcha belum diisi / expired / tidak valid.

NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua