Senin, 21 October 2019

Tingkatkan Profesionalitas Advokat Era Digital, KAI Jawa Barat Gelar Konferensi Daerah

Dalam acara ini, ada pula pemilihan ketua yang secara aklamasi memutuskan kembali Adv. Erwin B. Haris, S.H., C.L.A., C.I.L. sebagai Ketua DPD KAI Jawa Barat untuk masa jabatan 2019-2024.
CT-CAT

Dewan Pimpinan Daerah Kongres Advokat Indonesia (DPD KAI) Jawa Barat baru saja menggelar Konferensi Daerah (konferda) I-2019 bertema ‘Membangun Integritas, Profesionalitas, dan Moralitas AdvoKAI dalam Rangka Mewujudkan Kebangsawanan Advokat di Era Digital’.  Konferda ini dilaksanakan di Ballroom GH Universal Hotel di Jalan Setiabudi, Bandung pada Minggu, 20 Oktober 2019.

 

Adapun acara ini dibuka dengan Tari Rampak Kontemporer yang dipadu dengan nyanyian, serta ditutup tarian khas Jawa Barat, yakni Jaipongan dari sanggar tari MR Production.

 

Adv. Deny Morand selaku Ketua Panpel mengatakan bahwa penyelenggaraan konferda ini berdasarkan Surat Keputusan DPD KAI Jawa Barat No. 001/SKEP.DPD JBR-KAI/8/2019 tentang Pengangkatan dan Penetapan Susunan Panitia Pelaksana Konferda Jabar KAI 2019. Menurut Deny, konferda telah dihadiri oleh 221 peserta serta sembilan DPC KAI yang ada di Jawa Barat.

 

Dalam sambutannya, Ketua DPD KAI Jawa Barat Adv. Erwin Budiman Haris bercerita soal anggapan miring Organisasi Advokat (OA) sebagai multibar. Ini adalah singkatan dari ‘muncul, mati, dan bubar’. Sementara itu, advokatnya menjadi ‘kutu loncat’. “Oleh karenanya, diperlukan integritas, yakni keteguhan hati, pikiran, dan tindakan untuk melakukan ketentuan yang seharusnya. Profesional juga perlu, seperti skill, knowledge, dan attitude yang juga disertai moralitas yang tinggi, yaitu etika dan budi pekerti,” kata dia.

 

Erwin juga mengajak untuk bersama-sama menjadikan integritas, profesionalitas, dan moralitas sebagai sarana bekal untuk berkiprah di masyarakat, sehingga tercipta penegakan hukum oleh para ‘Advokat Pejuang’, berdasarkan UU No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat.

 

Sedangkan, Presiden KAI Adv. H. Tjoetjoe Sandjaja Hernanto, S.H., M.H., CLA., CIL, CLI, CRA. dalam sambutannya mengatakan, pemimpin yang baik adalah ia yang membimbing anggotanya berjalan satu langkah, bukan yang hanya berbicara tentang perjalanan seribu langkah, baik dalam memimpin kawan maupun lawan.

 

Dalam nasihatnya Presiden KAI melanjutkan: tidak ada pemimpin yang sempurna, tetapi seorang pemimpin itu adalah energi bagi organisasi.  “Ketika kamu berhasil, semua teman-temanmu akan tahu siapa kamu. Ketika kamu gagal, kamu akan tahu siapa teman-temanmu. Namun, seorang pemimpin tidak perlu bersusah payah menjelaskan apa pun. Cukup bekerja saja. Sebab, pendukungmu tidak memerlukan penjelasan apa pun darimu dan lawan-lawanmu tidak akan pernah menerima penjelasanmu. Jika ada pengurus yang tidak bisa saling menyempurnakan, tinggalkanlah.  Saat ini, marilah kita berhenti mengkritik dan mulai memberi saran,” ujar Tjoetjoe.

 

Dalam konferda ini, hadir pula Kepala Biro Hukum & HAM Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat sebagai pembaca sambutan resmi Gubernur Jawa Barat, Dr. Eni Rohyani, S.H., M.Hum; Tim Bid.Kum. Polda Jawa Barat sebagai perwakilan dari Kapolda Jawa Barat, yakni AKBP Kartiman Wiratno, S.H., M.H. dan Bambang Sugito, S.H.; Pangdam III Siliwangi yang diwakili oleh Bidang Hukum Kodam III Siliwangi, Kolonel Askari, S.H. dan Dzaky Putra, S.H.; Kejari Kota Bandung diwakili oleh Edi, S.H.; Dekan FH Universitas Parahyangan, Dr.iur. Liona N. Supriatna, S.H., M.Hum.; perwakilan dari Sekolah Tinggi Hukum Bandung, Eva Noviana, S.H., M.H.; DPW APPI Jawa Barat, Rony Susalit S.H., M.H.; perwakilan Heron Miller; Teddy Hanafi, dari perkumpulan INTI Jawa Barat, A. Herman; Pengurus Wilayah IPPAT Jawa Barat, Arie Prio Buntoro, S.H. dan Wina Sumaryani, S.H.; Benedicta Yanny C., S.H., dari AAI; Budiharto A., S.E. dari DPD ASITA Jawa Barat; serta H. Asep Rozali, S.H., M.H. dari BANI Perwakilan Bandung.

 

Sementara itu, dari unsur DPP KAI turut hadir Presiden KAI Adv. H. Tjoetjoe Sandjaja Hernanto, S.H., M.H., CLA., CIL., CLI., CRA; Vice President K.R.A.T Henry Indraguna, S.H., C L.A., C.I.L.; Bendahara Umum Adv. Yaqutina Kusumawardhani, S.H., M.H. C.I.L; Direktur Bidang Pengembangan Organisasi dan Keanggotaan Adv. Nasuka Abdul Jamal, S.H., C.I.L.; dan Direktur Bidang Humas Adv. M. Junaedi, A.Md., S.H., C.I.L.

 

Sarana Konsolidasi Para Advokat

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Barat mengapresiasi jalannya konferda sebagai sarana konsolidasi para advokat yang mengabdikan dirinya menjadi bagian dari penegak hukum. Apalagi, di tengah penegakan hukum di Indonesia yang belum optimal karena banyak hal seperti: kekosongan hukum, deviasi hukum dan peraturan yang tumpang tindih, kualitas SDM aparat penegak hukum, implementasi penegakan hukum, serta kurangnya kesadaran dan ketaatan masyarakat terhadap hukum. Untuk itu, demi mewujudkan prinsip negara berdasarkan hukum, dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat dan berbangsa, peran dan fungsi advokat sebagai profesi yang bebas, mandiri, dan bertanggung jawab adalah hal yang sangat penting.

 

Gubernur juga menjelaskan, advokat dikenal sebagai profesi yang mulia (officium nobile) sebab mewajibkan pembelaan kepada semua orang tanpa membedakan latar belakang, ras, warna kulit, agama, budaya, sosial, ekonomi, keyakinan politik, gender, dan ideologi. “Selain litigasi, advokat juga memegang peran penting dalam proses nonlitigasi melalui pemberian jasa konsultasi, negosiasi, maupun pembuatan kontrak dagang di lingkup nasional dan internasional. Di samping itu, advokat ikut memberikan sumbangan berarti dalam pengembangan wawasan masyarakat di bidang hukum dan pembaruan hukum nasional. Bahkan, perannya semakin jelas dan kukuh setelah berlakunya Undang-undang No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat, yang menempatkan kedudukan advokat sebagai bagian dari institusi penegak hukum,” tulisnya dalam sambutan.

 

Dalam acara ini, ada pula pemilihan ketua yang secara aklamasi memutuskan kembali Adv. Erwin B. Haris, S.H., C.L.A., C.I.L. sebagai Ketua DPD KAI Jawa Barat untuk masa jabatan 2019-2024. Presidium Sidang pada konferda terdiri atas Adv. Salatudin Zainudin, S.H. selaku Ketua (Ketua DPC KAI Cianjur); Adv. H. Komarudin, S.E., S.H. selaku Sekretaris (Sekretaris DPC KAI Karawang); Adv. dr. H. Mahdar Solihin, S.H. (salah seorang Pengurus DPC KAI Bandung Raya); Adv. Asep Surya Nugraha, S.H. (salah seorang Pengurus DPC KAI Sumedang); dan Adv. Deni Wijaya, S.H., (DPC KAI Kabupaten Bekasi).

 

Artikel ini merupakan kerja sama antara Hukumonline dengan Kongres Advokat Indonesia (KAI).

Belum ada tanggapan
Captcha belum diisi / expired / tidak valid.

NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua