Isu Hangat

Senjakala Lembaga Antikorupsi di Indonesia

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bukan satu-satunya lembaga antirasuah yang pernah ada. Sepanjang sejarah Indonesia, sudah ada beberapa lembaga yang menjalankan tugas dan wewenang berbeda untuk tujuan yang sama: bagaimana membuat penyelenggaraan pemerintah yang bersih dari korupsi. Melalui tulisan ini, Hukumonline memotret bagaimana cerita lembaga-lembaga antikorupsi baik dari zaman orde lama, orde baru hingga reformasi. Apa saja tantangannya dan bagaimana eksistensi lembaga-lembaga tersebut di beda zaman. Selamat membaca!
Senjakala Lembaga Antikorupsi di Indonesia
Hukumonline
Belajar dari Pengalaman Masa Lalu
​​​​​​​Belajar dari Pengalaman Masa Lalu
KPK menjadi lembaga antikorupsi paling lama bertahan dalam sejarah Indonesia. Upaya untuk memperlemahnya datang dari banyak lini.
.
Muhammad Yasin
Tim Gabungan yang Akhirnya Dibubarkan
​​​​​​​Tim Gabungan yang Akhirnya Dibubarkan
Menggantikan Soeharto, Presiden Habibie berhasil memperbaiki regulasi pemberantasan korupsi. Adapun Presiden Soeharto, tak pernah duduk di kursi pesakitan.
.
Muhammad Yasin
Lembaga Antikorupsi di Era Orde Baru
Lembaga Antikorupsi di Era Orde Baru
UU No. 3 Tahun 1971 tentang Pemberantasan Korupsi lahir pada era Orde Baru. Rekomendasi lembaga yang dibentuk bergantung pada political will pemegang kekuasaan.
.
Muhammad Yasin
Kebijakan Antikorupsi dari Penguasa Militer
​​​​​​​Kebijakan Antikorupsi dari Penguasa Militer
​​​​​​​Status Staat van Oorlog en Beleg membuka pintu bagi militer untuk terlibat dalam pemberantasan korupsi. Istilah korupsi pertama kali muncul dalam makna yuridis.
.
Muhammad Yasin
Gagasan Berani Kabinet Pak Boer
Gagasan Berani Kabinet Pak Boer
Sebelum KPK hadir, Indonesia sudah memiliki kebijakan dan sejumlah lembaga antikorupsi. Bubar karena beragam sebab.
.
Muhammad Yasin