Idham Azis Komitmen Bakal Ungkap Kasus Novel Baswedan
Berita

Idham Azis Komitmen Bakal Ungkap Kasus Novel Baswedan

Idham menyampaikan tujuh program prioritas yang akan dilakukannya ketika memimpin institusi Kepolisian.

Oleh:
Agus Sahbani/ANT
Bacaan 2 Menit
Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery (kiri) saat disambut calon Kapolri Komjen (Pol) Idham Aziz (kanan) di Kediamannya di Jalan Panglima Polim, Jakarta, Rabu (30/10). Foto: RES
Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery (kiri) saat disambut calon Kapolri Komjen (Pol) Idham Aziz (kanan) di Kediamannya di Jalan Panglima Polim, Jakarta, Rabu (30/10). Foto: RES

Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery menyatakan seluruh fraksi secara aklamasi menyetujui Komjen Polisi Idham Azis sebagai Kapolri setelah menjalani serangkaian proses uji kelayakan dan kepatutan. "Seluruh fraksi secara aklamasi menyetujui Komjen (Pol) Idham Azis menjadi Kapolri," kata Herman Hery di Ruang Rapat Komisi III DPR RI Jakarta, Rabu (30/10/2019) seperti dikutip Antara.

 

Hal itu dikatakannya setelah seluruh fraksi dan pimpinan Komisi III DPR melakukan rapat pleno untuk pengambilan keputusan terkait dengan calon Kapolri yang diajukan Presiden RI Joko Widodo. Setelah keputusan Tingkat I itu disepakati maka pimpinan Komisi III DPR, kata Herman, pihaknya akan bersurat kepada pimpinan DPR untuk bisa diambil keputusan Tingkat II di Rapat Paripurna DPR RI, Kamis (31/10/2019) besok.

 

"Apakah bisa disetujui," kata Herman yang dijawab serempak seluruh anggota Komisi III DPR, "Setuju." Dia berharap apa yang diputuskan Komisi III DPR itu bisa berguna bagi bangsa Indonesia dan institusi kepolisian.

 

Usai menjalani uji kelayakan ini, Komjen (Pol) Idham Azis berkomitmen melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab dengan slogan pengabdian terbaik untuk institusi Polri. Dia juga berkomitmen untuk mengungkap kasus penyiraman air keras yang menimpa penyidik KPK Novel Baswedan.

 

Menurut dia, dirinya akan menunjuk Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) yang baru untuk mengungkap kasus tersebut. Dia akan melantik Kabareskrim baru pada Jum’at (1/11). "Saya nanti setelah dilantik, akan menunjuk Kabareskrim baru dan nanti saya beri dia waktu untuk segera mengungkap kasus itu," kata Idham.

 

Saat menjalani uji kelayakan calon Kapolri di Komisi III DPR RI, Idham menyampaikan tujuh program prioritas yang akan dilakukannya ketika memimpin institusi Kepolisian. Pertama, mewujudkan SDM unggul. Kedua, pemantapan Harkamtibnas. Ketiga, penegakan hukum yang profesional dan berkeadilan. Keempat, pemantapan media. Kelima, penguatan sinergi polisional. Keenam, penataan kelembagaan. Tujuh, penguatan pengawasan.

 

Idham juga menyampaikan visinya akan melakukan penguatan Polri yang Profesional, Modern, dan Terpercaya (Promoter) menuju Indonesia maju. Setelah itu, Pimpinan Komisi III DPR menggelar Rapat Pleno bersama pimpinan kelompok fraksi dan menyetujui secara aklamasi Idham sebagai Kapolri.

Tags:

Berita Terkait