Jumat, 01 November 2019

Hari Terakhir, 142 Calon Nominator Siap Ikuti “Hukumonline Award 2019”

​​​​​​​Survei akan ditutup pada 1 November 2019 pukul 23.59 WIB. Isi survei dengan lengkap sampai bagian akhir pertanyaan kuesioner.
Normand Edwin Elnizar

Survei pengumpulan data calon nominator “Hukumonline Award Pro Bono Champions 2019” telah memasuki hari terakhir, Jumat (1/11). Tercatat sudah ada 142 responden yang mendaftar sejak survei dibuka pada Selasa, 8 Oktober 2019 lalu. Apakah kantor hukum Anda sudah termasuk di dalamnya?

 

“Hukumonline Award Pro Bono Champions 2019” adalah ajang penghargaan bagi para advokat dan kantor hukum yang berkomitmen menunaikan kewajiban pro bono (layanan jasa hukum gratis). Penyelenggaraan yang kembali dilakukan untuk kali kedua ini sebagai upaya Hukumonline mewujudkan komitmennya: memberikan edukasi dan pencerahan kepada masyarakat tentang dunia hukum di Indonesia.

 

Menjadi mitra kerja sama dalam meningkatkan kualitas profesi hukum termasuk pula dalam komitmen tersebut. Menggaungkan gerakan pro bono advokat adalah upaya konkret memajukan profesi advokat sebagai officium nobile. Pada saat yang sama, Hukumonline berharap gerakan pro bono ikut mewujudkan akses merata kepada keadilan bagi masyarakat.

 

Sayangnya, para pemangku kepentingan terkait pro bono luput memberikan perhatian yang layak. Bahkan konsep pro bono kerap tertukar dengan bantuan hukum (legal aid) sebagai kewajiban pemerintah.

 

Sejumlah catatan Hukumonline menunjukkan bahwa gerakan pro bono masih minim perhatian dan apresiasi. Padahal pro bono adalah tanggung jawab moral profesi advokat yang melekat secara individu. Manfaatnya juga sangat dibutuhkan untuk mewujudkan akses keadilan seluas mungkin di masyarakat.

 

Ketua Peradi ‘Rumah Bersama Advokat’, Luhut M.P. Pangaribuan bahkan menyatakan profesi advokat akan kehilangan kehormatannya jika tidak melaksanakan pro bono. “Hanya dengan cara itu kita bisa menyebut profesi kita sebagai officium nobile,” kata Luhut.

 

 

Sebagai bagian dari tanggung jawab profesi, kewajiban pro bono  ini pun telah lama diatur dalam UU No.18 Tahun 2003 tentang Advokat (UU Advokat). Namun karena memang tidak dilengkapi insentif atau sanksi, pelaksanaannya terkesan seadanya.

Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua