21 Calon Hakim Tingkat MA Bakal Jalani Seleksi Wawancara
Berita

21 Calon Hakim Tingkat MA Bakal Jalani Seleksi Wawancara

CHA dari jalur hakim karier mendominasi yang lolos ke tahap seleksi wawancara.

Oleh:
Aida Mardatillah
Bacaan 2 Menit
Komisioner KY Bidang Rekrutmen Hakim Aidul Fitriciada Azhari saat mengumumkan hasil seleksi calon hakim tingkat MA di Gedung KY Jakarta, Selasa (5/11). Foto: AID
Komisioner KY Bidang Rekrutmen Hakim Aidul Fitriciada Azhari saat mengumumkan hasil seleksi calon hakim tingkat MA di Gedung KY Jakarta, Selasa (5/11). Foto: AID

Komisi Yudisial (KY) mengumumkan nama-nama calon hakim pada Mahkamah Agung (MA) yang lulus seleksi tahap ketiga, seleksi kesehatan dan kepribadian. Rinciannya, 13 orang calon hakim agung (CHA); 4 orang calon hakim ad hoc tindak pidana korupsi (tipikor); dan 4 orang calon hakim ad hoc hubungan industrial. Para calon hakim tingkat MA ini akan menjalani seleksi wawancara terbuka pada 12-18 November 2019.

 

Komisioner KY Bidang Rekrutmen Hakim Aidul Fitriciada Azhari mengatakan para calon hakim agung tersebut akan mengikuti seleksi wawancara pada Selasa-Kamis, 12-14 November 2019 di Gedung KY, Jakarta. Untuk calon hakim ad hoc tipikor wawancara dilakukan padal 15 November 2019; dan calon hakim ad hoc hubungan industrial pada 18 November 2019.

 

“Dalam wawancara ini CHA akan digali lebih mendalam mengenai visi, misi, dan komitmen, Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH), filsafat hukum dan teori hukum, wawasan pengetahuan peradilan dan perkembangan hukum, serta penguasaan hukum materiil dan formil,” kata Aidul di Gedung KY Jakarta, Selasa (5/11/2019). Baca Juga: Calon Hakim Agung dan Hakim Ad Hoc MA Jalani Seleksi Kualitas

 

Dia memaparkan dari 13 CHA berasal dari jalur karier sebanyak 12 orang dan jalur nonkarier sebanyak 1 orang. Berdasarkan jenis kamar yang dipilih, 2 orang dari kamar Agama; 4 orang dari kamar Perdata; 2 orang dari kamar Pidana; 3 orang dari kamar Militer; dan 2 orang dari kamar Tata Usaha Negara, khusus hakim pajak.

 

Berdasarkan jenis kelamin, kata Aidul, sebanyak 11 orang CHA merupakan laki-laki dan hanya 2 orang perempuan. Dilihat dari profesi CHA yang lulus seleksi kesehatan dan kepribadian, 10 orang berprofesi hakim; 1 orang berprofesi akademisi; dan 2 orang berprofesi hakim pajak. Berdasarkan kategori pendidikan, sebanyak 7 orang bergelar doktor dan 6 orang lainnnya bergelar magister.

 

Sekadar informasi, seleksi CHA ini untuk mengisi 8 orang hakim agung. Rinciannya, 3 orang untuk kamar Pidana; 1 orang untuk kamar Agama; 2 orang untuk kamar Militer; 4 orang untuk kamar Perdata; dan 1 orang untuk kamar Tata Usaha Negara, khusus pajak.

 

Sementara 4 orang calon hakim ad hoc tipikor di MA dan 4 orang calon hakim ad hoc hubungan industrial di MA dari unsur Apindo dan SP/SB. Berdasarkan jenis kelamin sebanyak 4 orang calon hakim ad hoc hubungan industrial merupakan laki-laki dan 3 orang calon hakim ad hoc tipikor merupakan laki-laki dan 1 orang perempuan.

Tags:

Berita Terkait