Jumat, 08 November 2019

Presiden Jokowi Ingatkan Soal Shifting Job di Pasar Tenaga Kerja

Pembangunan SDM disiapkan untuk menghadapi berbagai tantangan, salah satunya bonus demografi 2015-2035.
Ady Thea DA
Presiden Jokowi. Foto: RES

Pemerintah telah menyiapkan berbagai kebijakan pembangunan dalam kurun waktu 5 tahun ke depan. Presiden Joko Widodo, dalam rapat terbatas akhir Oktober 2019 mengingatkan ada banyak lompatan yang ingin diraih, antara lain pembangunan SDM.

 

Hal ini penting mengingat Indonesia menghadapi bonus demografi pada periode 2015-2035. Dia memerintahkan kebijakan ini sebagai fokus dan prioritas untuk dikerjakan secara sinergis antar kementerian dan lembaga yang ada. Presiden Jokowi memberi contoh di sektor kesehatan anggaran yang sudah dialokasikan totalnya Rp132 triliun.

 

Anggaran itu harus fokus memenuhi kecukupan asupan gizi, makanan tambahan, dan yang berkaitan dengan pola hidup sehat serta pencegahan penyakit. Tapi ini bukan tugas Menteri Kesehatan saja, tapi juga kementerian dan lembaga lain seperti Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak, dan Menteri Sosial.

 

Pemberantasan narkotika serta program rehabilitasinya, menurut Presiden Jokowi sangat penting. Jika persoalan ini tidak diselesaikan akan berkaitan dengan tindakan kriminalitas dan kenakalan remaja. Pendidikan etika, budi pekerti, kebencanaan, politik khususnya ideologi Pancasila harus dikerjakan sinergis lintas kementerian dan lembaga.

 

“Saya ingin memberikan tekanan pada pengembangan SDM yang siap untuk bekerja, berwirausaha, siap berkarya,” kata Jokowi sebagaimana dikutip laman setkab.go.id. Baca Juga: Pemerintah Cermati Isu Fleksibilitas di Bidang Ketenagakerjaan

 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan diminta untuk membangun sistem atau aplikasi yang dapat digunakan untuk standardisasi pendidikan, sehingga memudahkan guru dan murid dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu, Presiden menyebut salah satu tantangan besar ke depan yakni merespon perubahan pasar tenaga kerja karena perkembangan teknologi.

 

Perkembangan teknologi itu berdampak pada pergeseran pekerjaan (shifting job) yang mengakibatkan ada sebagian pekerjaan yang hilang sekaligus membuka peluang jenis pekerjaan baru. “Kalau kita bisa mempersiapkan justru peluang itu akan semakin banyak karena berkembangnya emerging jobs yang menuntut emerging knowledge dan emerging skill,” ujar Presiden Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua