Senin, 11 November 2019

ILUNI FHUI Gelar Joysail Bersama TNI Angkatan Laut

Diadakan untuk kali pertama, joysail sendiri menjadi babak baru kerja sama ILUNI FHUI dengan TNI Angkatan Laut.
CT-CAT
Peserta joysail berfoto bersama di depan KRI Semarang - 594. Foto: istimewa.

Sabtu lalu (9/11), Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (ILUNI FHUI) mengadakan joysail bersama TNI Angkatan Laut di Pangkoarmada 1, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Diadakan untuk kali pertama, joysail sendiri menjadi babak baru kerja sama ILUNI FHUI dengan TNI Angkatan Laut. “Acara yang diprakarsai oleh alumni FHUI angkatan 1975 dan lintas angkatan FHUI, khususnya Mas Achmad Santosa, ini merupakan bagian dari upaya ILUNI FHUI dalam melakukan konektivitas dengan berbagai pihak,” tutur Ashoya Ratam, Ketua Umum ILUNI FHUI.

 

Kapal yang digunakan dalam joysail adalah KRI Semarang – 594 dengan nakhoda Komandan KRI Semarang, Letkol Pantun Ujung. Kapal berbobot penuh 7.200 ton ini memiliki spesifikasi panjang 124 meter, lebar 21,8 meter, tinggi geladak atas air 11,3 meter, dan draft 5 meter. Merupakan buatan anak bangsa, PT PAL Indonesia (Persero), kapal perang jenis Landing Platform Dock (LPD) memiliki beberapa kelebihan. Di antaranya, kecepatan maksimal 16 knot, kecepatan jelajah 14 knot, serta endurance selama 30 hari.

 

Selain itu, KRI Semarang – 594 dilengkapi dengan dua kapal Landing Craft Utilities (LCU) yang mampu mengangkut delapan unit kendaraan tempur (ranpur) jenis Anoa, 28 truk, 3 unit helikopter, serta 121 anak buah kapal. Adapun kapal ini juga mampu mengangkut 650 prajurit.

 

Peran TNI dalam Kedaulatan NKRI

Dalam kesempatan ini, ada pula seminar yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pembinaan Hukum TNI Angkatan Laut, Laksamana Pertama TNI Angkatan Laut, Kresno Buntoro, S.H., LL.M., Ph.D. mengenai kekuatan maritim Indonesia. Terdapat beberapa poin yang disampaikan Kresno, seperti tantangan yang harus dihadapi dalam penegakan hukum, khususnya di teritori laut Indonesia; pentingnya menjaga kedaulatan laut Indonesia; serta paparan beragam kasus yang dihadapi TNI AL dalam menjalankan tugasnya.

 

Untuk memeriahkan suasana, acara ini dilengkapi oleh rangkaian fun games (kuis), bernyanyi, dan berjoget bersama antaralumni FHUI serta awak kapal. Di akhir acara, secara simbolis TNI AL dan ILUNI FHUI saling bertukar plakat dan foto bersama. “Walaupun hanya berlayar beberapa jam, pengalaman ini sangat menyenangkan dan tidak terlupakan. Semoga di masa yang akan datang, hubungan ini akan terus terjaga dan bersinergi. Terima kasih TNI Angkatan Laut RI,” pungkas Ashoya.  

 

Artikel ini merupakan kerja sama antara Hukumonline dengan Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (ILUNI FHUI).

Belum ada tanggapan
Captcha belum diisi / expired / tidak valid.

NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua