Jumat, 15 November 2019

Cyber Law dan Pro Bono Jadi Materi Favorit PKPA di Hukumonline

Materi tambahan khusus bersama dengan Legal Innovation.
M-29
Haris Azhar (tengah) bersama para peserta PKPA yang digelar di Hukumonline Training Center. Foto: HOL

Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) pertama yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) dan Fakultas Hukum Universitas YARSI bersama Hukumonline dinilai memuaskan oleh peserta. Tak disangka, materi tambahan cyber law dan pro bono menjadi favorit para peserta.

 

Cyber law dan pro bono itu sangat bagus, menurut saya itu perlu dipertahankan,” kata Junivar, salah satu fresh graduate peserta PKPA. Junivar mengaku awalnya berminat karena tertarik pada daftar pemateri PKPA di Hukumonline.

 

“Yang paling saya perhatikan ketika memilih adalah narasumbernya,” kata pria lulusan kampus hukum negeri di Semarang ini. Ternyata ia pun terpuaskan dengan daftar materi tambahan yang diberikan.

 

Irvan, legal officer dari salah satu perusahaan BUMN, menceritakan hal serupa. Menurutnya materi seperti pro bono dan cyber law minim disampaikan di bangku kuliah. Ia merasa ‘tercerahkan’ oleh pengajar-pengajar andal PKPA di Hukumonline.

 

Tahun 2019 menjadi kali pertama Hukumonline terlibat langsung mempersiapkan calon advokat andal dan terpercaya. Langkah ini diambil setelah hampir dua dekade berkomitmen sebagai media massa yang ikut memajukan dunia hukum Indonesia. Selama itu pula Hukumonline aktif menyelenggarakan berbagai pelatihan, seminar, konferensi ataupun workshop bagi praktisi hukum, pembuat kebijakan, pelaku usaha hingga fresh graduate.

 

Materi PKPA yang disajikan Hukumonline sesuai dengan standar Peradi ditambah dengan materi tambahan khusus. Ada tiga materi khusus dari Hukumonline yaitu Cyber Law (1 sesi), Kewajiban Pro Bono bagi Advokat (1 sesi), dan Legal Innovation (1 sesi).

 

Pro bono adalah salah satu kewajiban profesi advokat yang juga diatur UU No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat (UU Advokat). Namun pelaksanaannya masih belum memuaskan dan berdampak luas seperti harapan. Sedangkan tema cyber law dan legal innovation adalah salah satu tantangan besar era digital yang harus dihadapi profesi  advokat.

Halaman Selanjutnya
Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua