Jumat, 22 November 2019

DPD KAI Gelar Konferensi Daerah Bernuansa Kongres Nasional III 2019

Dalam rangka menjalankan amanah konstitusi, pekan lalu—Dewan Perwakilan Daerah Kongres Advokat Indonesia (DPD KAI) Jawa Timur menggelar Konferensi Daerah (Konferda) di Hotel Royal Senyiur Prigen (15-16/11).
CT-CAT

Dalam rangka menjalankan amanah konstitusi, pekan lalu—Dewan Perwakilan Daerah Kongres Advokat Indonesia (DPD KAI) Jawa Timur di bawah pimpinan Adv. H. Rizal Haliman, S.H., M.H., CIL., menggelar konferensi daerah (konferda) di Hotel Royal Senyiur Prigen (15-16/11). Bertema ‘Membentuk Advo-KAI Berdedikasi dan Berintegritas Tinggi dalam Berprofesi dan Berorganisasi’, konferda membahas beberapa agenda. Ini meliputi (1) penyampaian laporan pertanggungjawaban dan keuangan DPD KAI Jatim, (2) pemilihan Ketua DPD KAI Jatim masa bakti 2019-2024, (3) rapat kerja Komisi Program Kerja dan Rekomendasi, serta (4) pemilihan formatur yang dipimpin oleh ketua terpilih.

 

Dalam sambutannya, Ketua DPD KAI Jatim menyampaikan bahwa di bawah naungan KAI, perkembangan DPD Jatim tergolong pesat. Dari hanya beranggotakan 145 orang (tahun 2014), kini DPD KAI Jatim telah memiliki 428 anggota advokat. Sejak tahun 2016 sendiri, KAI menjadi organisasi pertama dalam sejarah advokat yang menerapkan sistem digitalisasi E-Lawyer dalam Kartu Tanda Advokat-nya (KTA). Adapun tujuannya, untuk mempermudah sinkornisasi dengan program kerja Mahkamah Agung yang menyelenggarakan program E-Court dan E-Litigasi sehingga dapat berjalan sistematis dan sempurna.

 

Sidang dalam konferda yang dipimpin oleh Adv. H. Arief Wahyudi, S.H., M.H. sendiri berjalan sangat kondusif dan tampak seperti acara silaturahmi. Dalam sidang ini, Laporan Pertanggungjawaban dan Keuangan DPD KAI Jatim setebal 80 halaman juga telah dinyatakan secara bersama-sama oleh peserta konferda dalam paripurna ‘dianggap telah dibacakan’ dan ‘dapat diterima’.

 

Terpilihnya Ketua DPD KAI Jatim

Ada yang berbeda pada proses pemilihan Ketua DPD KAI Jatim kali ini. Pemilihan yang semula akan dilaksanakan dengan sistem ‘one man one vote’, ternyata oleh peserta paripurna. Sebagai gantinya, mereka menganjurkan untuk melakukan pemilihan secara aklamasi. Adapun hal ini mengakibatkan Ball Room Hotel Royal Senyiur Prigen penuh sorak-sorai. Pasalnya, peserta mengusulkan Adv. H. Rizal Haliman, S.H., M.H. untuk menjabat dan memimpin kembali DPD KAI Jatim di periode 2019-2024.

 

Pemilihan ini juga menandai jabatan baru Adv. H. Rizal Haliman, S.H., M.H. sebagai Ketua Formatur. Atas usulan ketua pimpinan sidang dan peserta konferda, terpilih beberapa nama untuk tim formatur, di antaranya Adv. Mursidah, S.H.; Adv. Fatachul Hudi, S.H.; Adv. Iswayudhi, S.H. M. Hum.; Adv. Benny Ketua DPC Jombang dan Adv. Sujito Ketua DPC Bojonegoro.

 

Tim formatur sendiri berfungsi untuk mencari Wakil Ketua DPD KAI Jatim, sebagaimana petunjuk struktur dalam GBHO. Nantinya, kandidat akan dikaderisasi dan membawahi berbagai bidang dan menjadi pelaksana yang mengeksekusi semua program kerja yang telah disampaikan melalui rapat kerja harian. Untuk jabatan wakil ketua, terpilih Adv. Iswayudhi, S.H., M.Hum.; Adv. Fatachul Hudi S.H.; Adv. Fajar Rachmat S.H., M.H.;.Adv. Arief Wayudi, S.H., M.H.; Adv. Wachid, S.H.; Adv. Mursidah, S.H.; Adv. Kusniartin Fatimah, S.H.; dan Adv. Puput Oktavia Susanti, S.H. Sementara itu, posisi sekretariat daerah dan cabang tidak lagi dibentuk melainkan diganti dengan sekretaris umum. Tujuannya, agar jabatan sekretaris jenderal, sekretaris daerah, maupun sekretaris cabang tidak lagi berpolitik dalam berorganisasi—sebagaiman halnya pada periode lalu.

 

Penyelenggaraan Konferda DPD KAI Jatim 2019 kali ini sangat bernuansa Kongres Nasional III tahun 2019 di Gedung Empire Palace Surabaya. Tidak seperti kongres sebelumnya, Konferda kali ini berjalan dengan kondusif dan penuh rasa kekeluargaan, sementara peserta memiliki moralitas dedikasi dan integritas dalam profesi dan berorganisasi.

 

Artikel ini merupakan kerja sama antara Hukumonline dengan Kongres Advokat Indonesia (KAI).

Belum ada tanggapan
Captcha belum diisi / expired / tidak valid.

NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua