IBLAM School of Law Siap Jadi #KampusBerintegritas di Indonesia
Berita

IBLAM School of Law Siap Jadi #KampusBerintegritas di Indonesia

#kampusberintegritas menjadi tagar resmi perjuangan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum IBLAM dalam komitmennya mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul di Indonesia.

Oleh:
CT-CAT
Bacaan 2 Menit
IBLAM School of Law Siap Jadi #KampusBerintegritas di Indonesia
Hukumonline

Era industri 4.0 melahirkan banyak tantangan baru. Di tengah dunia yang bergerak cepat, Indonesia butuh sumber daya manusia (SDM) unggul yang siap beradaptasi dengan perubahan. Sejalan dengan visi tersebut, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum IBLAM ingin terus berkomitmen menjalankan amanat konstitusi untuk mencerdaskan bangsa.

 

Didirikan oleh Alm. Dr. H. Edy Susanto, S.H., M.H., M.M., M.A.—yang juga menjadi pendiri Yayasan Lembaga Pengembangan Ilmu Hukum dan Manajemen IBLAM (YLPIHM IBLAM) pada 12 Juli 1993, IBLAM sendiri telah mengabdi dan berkontribusi bagi Indonesia selama 26 tahun. Kini, IBLAM ingin memperkuat komitmennya untuk melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul di bidang hukum.  

 

Berjuang Lewat Integritas

Bertepatan dengan Hari Anti-Korupsi Sedunia pada 9 Desember 2019, IBLAM telah secara resmi menjadikan #kampusberintegritas sebagai tagar resmi perjuangannya. Bagaimanapun, integritas menjadi visi dan pilar utama dari empat pilar perjuangan IBLAM—mencakup integritas, religius, nasionalis, dan berdaya saing global. “Kami sadar, perjuangan tersebut harus semakin dikukuhkan dalam satu rumah yang bersahabat dan terbuka bagi semua elemen masyarakat dan pemangku kepentingan yang ada,” kata Rahmat D. Putranto, Ketua Yayasan YLPIHM IBLAM sejak September 2018.

 

Pun itu sebabnya, untuk mewujudkan komitmen tersebut, IBLAM juga membuka program Beasiswa Jalur Prestasi Mahasiswa (Justisia), yang dipersiapkan untuk seribu anak muda Indonesia agar menjadi lawyer berintegritas. Beasiswa ini diberikan khusus untuk para siswa yang memiliki prestasi akademik maupun nonakademik di sekolah tingkat menengah atas dan kejuruan, dengan potongan biaya kuliah mulai dari 25 hingga seratus persen. Setidaknya, terdapat dua periode penerimaan beasiswa, yakni bulan Oktober hingga Februari dan Februari hingga Agustus.

 

Di saat yang sama, IBLAM juga mengumumkan beberapa hal, seperti (1) visi dan misi terbaru, yakni ‘menjadi sekolah tinggi ilmu hukum yang berintegritas, unggul di tingkat nasional, dan berdaya saing global’, (2) penegasan penyebutan brand institusi menjadi ‘IBLAM School of Law/IBLAM SL’, (3) logo baru kombinasi bentuk empat bulat yang melambangkan elemen perjuangan mencapai kemajuan yaitu (a) dosen, (b) mahasiswa, (c) masyarakat, dan (d) pemerintah, serta bentuk kotak dengan bulatan di tengah sebagai lambang satu tujuan dalam satu rumah perjuangan untuk menghasilkan ahli hukum yang berintegritas, dan empat garis lurus yang melambangkan empat nilai-nilai dasar perjuangan IBLAM SL. Jika seluruhnya digabungkan, akan terlihat bentuk perisai. Adapun perisai ini bermakna, bahwa pendidikan hukum harus dijadikan instrumen untuk melindungi dan menghadapi serangan kebodohan, kekacauan, dan segala ketidakadilan.   

 

Artikel ini merupakan kerja sama antara Hukumonline dengan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (IBLAM).

Tags:

Berita Terkait