Selasa, 10 December 2019

Berita Foto: 48 Negara Berbagi Ilmu dalam Perhelatan GAJE 2019 di Universitas Pasundan

Perhelatan Global Alliance for Justice Education (GAJE) 2019 hampir usai. Sebanyak 225 peserta akan pulang ke negaranya, membawa pengalaman dan pengetahuan yang kian kaya; untuk memperjuangkan satu fokus bersama: edukasi hukum bagi kaum marginal.
CT-CAT

4 hingga 10 Desember 2019 mungkin menjadi momen penting bagi Fakultas Hukum Universitas Pasundan. Sebab, untuk kali pertama di Asia Tenggara, Indonesia—melalui Unpas terpilih menjadi tuan rumah pertemuan internasional Global Alliance for Justice Education (GAJE) 2019. Dihadiri oleh 48 dari 52 negara anggota, GAJE memiliki dua agenda utama, yakni konferensi umum serta pelatihan dan lokakarya.

 

Dinaungi payung besar ‘edukasi hukum untuk kaum marginal’, GAJE 2019 sendiri berbeda dengan mayoritas konferensi dalam institusi pendidikan. Dalam pertemuan akbar ini, setiap peserta harus turun ke lapangan untuk melihat dan memahami langsung praktik Clinical Legal Education (CLE), saling berdiskusi dan berbagi dengan praktik yang ada di negara masing-masing, serta belajar dan menemukan metode yang aplikatif dan sesuai dengan kondisi masyarakat setempat.

 

“CLE fokus pada upaya pemberdayaan. Bagaimanapun, kaum marginal jangan sampai menjadi kelas dua yang terpinggirkan. Apalagi, dalam mengakses hukum. Kami mencoba mengembangkan konsep CLE pada situasi masyarakat yang berlaku, tidak melalui metode text book, melainkan metode-metode pengajaran lain yang ramah dan mudah diterima, seperti lewat simulasi atau permainan. Tujuannya adalah agar mereka lebih dulu menyadari hak-haknya, merasa percaya diri, dan mau berjuang,” ungkap Dekan Universitas Pasundan, Dr. Anthon Freddy Susanto S.H, M.Hum.

 

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Prof. Yasonna Hamonangan Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D. saat membuka acara GAJE 2019 pada Rabu (4/12/19). 

 

Bruce Lasky (kedua dari kiri) selaku perwakilan dari Global Alliance for Justice Education. 

 

Dekan Fakultas Hukum Universitas Pasundan, Dr. Anthon Freddy Susanto S.H, M.Hum dan Wakil Dekan, Firdaus Arifin, S.H., M.H. 

 

Field trip peserta ke Kampung Inspirasi Cijambe pada Jumat (6/12/19). 

 

Para peserta berfoto bersama pada acara penutupan konferensi umum hari Minggu (8/12/19).

 

Artikel ini merupakan kerja sama Hukumonline dengan Fakultas Hukum Universitas Pasundan.

Belum ada tanggapan
Captcha belum diisi / expired / tidak valid.

NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua