Selasa, 31 December 2019

Dari Istilah “Pro Justitia” Hingga Video sebagai Alat Bukti Terorisme

Apakah mencuri dari instansi pemerintahan termasuk korupsi hingga ganti kerugian atas pelanggaran batas waktu penahanan anak juga paling banyak dibaca dalam sepekan.
Tim Hukumonline

Sejak didirikan pada tahun 2000, Hukumonline.com dengan salah satu rubriknya, Klinik Hukumonline, telah menjadi medium terdepan dalam memberikan edukasi untuk berbagai permasalahan hukum yang ditemui masyarakat sehari-hari. Berbagai isu hangat pun tak luput dari ulasan rubrik ini.

 

Tak hanya itu, kini edukasi hukum yang disampaikan oleh Klinik Hukumonline telah hadir dalam berbagai format, seperti infografis, video, chatbot, hingga podcast. Hal ini sesuai dengan tagline “yang bikin melek hukum, memang klinik hukum”, yang mencerminkan komitmen Tim Klinik untuk memastikan asupan informasi hukum bagi masyarakat tercukupi.

 

Berdasarkan hasil rangkuman Tim Klinik Hukumonline, berikut adalah 5 artikel terpopuler di media sosial yang terbit sepekan terakhir. Dari penjelasan istilah “pro justitia” hingga video sebagai alat bukti tindak pidana terorisme.

 


  1. Apa itu Pro Justitia?

Bagi yang masih asing dengan istilah “pro justitia", istilah tersebut mengandung arti demi keadilan. Bagaimana penjelasan historis dan cerminan istilah tersebut dalam dokumen hukum?

 

Ulasan selengkapnya dapat Anda simak di sini.

 


  1. Kriteria Video yang Dapat Dijadikan Alat Bukti dalam Terorisme

Sebagai langkah pembuktian tindak pidana terorisme, video kini menjadi salah satu alat bukti yang dapat membantu penegak hukum. Namun, video tersebut harus memenuhi kriteria tertentu agar dapat menjadi alat bukti.

 

Penjelasan selengkapnya dapat Anda simak di sini.

 


  1. Jika Bank Mengubah Sepihak Tenggat Pelunasan Utang

Para nasabah yang mendapat pinjaman uang dari bank dapat membatalkan perjanjian jika pihak bank mengubah tenggat waktu pelunasan utang secara sepihak. Selengkapnya di sini.

 


  1. Apakah Mencuri dari Instansi Pemerintahan Termasuk Korupsi?

Mencuri dari instansi pemerintahan tidak selalu dipandang sebagai tindak pidana korupsi. Tindak pidana korupsi harus memenuhi, salah satunya, kriteria perbuatan memperkaya diri. Apa saja kriteria perbuatan tersebut?

Halaman Selanjutnya
Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua