Rabu, 08 Januari 2020

​​​​​​​5 Artikel Klinik Hukumonline Terpopuler bagi Buruh dan Tenaga Kerja

​​​​​​​Masalah upah yang tidak layak agaknya memang masih menjadi sumber kegelisahan utama sebagian besar kelas pekerja Indonesia sepanjang tahun 2019.
Tim Hukumonline

Pada peringatan Hari Buruh 1 Mei 2019 silam, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) kembali menuntut revisi Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan (PP Pengupahan)yang dinilai menimbulkan beragam permasalahan. Sebagaimana pernah diberitakan dalam artikel Serikat Buruh Ingatkan Revisi PP Pengupahan Harus Jadi Prioritas, terdapat setidaknya tiga hal yang perlu dibenahi pemerintah dalam revisi PP Pengupahan nantinya.

 

Pertama,mengembalikan hak berunding serikat buruh dalam proses kenaikan upah minimum melalui lembaga tripartit, yakni dewan pengupahan daerah. Kedua,penggunaanmekanisme survei kebutuhan hidup layak (KHL) sebagai bagian dari proses pembahasan kenaikan upah minimum setiap tahun. Terakhir, penetapan upah minimum selayaknya dilakukan oleh gubernur, bukan pemerintah pusat.

 

Masalah upah yang tidak layak agaknya memang masih menjadi sumber kegelisahan utama sebagian besar kelas pekerja Indonesia sepanjang tahun 2019. Badan Pusat Statistikper Maret 2019 menunjukkan bahwa rata-rata pekerja Indonesia hanya dibayar sebesar Rp2.829.130 setiap bulannya.

 

Tak ayal, data pembaca Klinik Hukumonline pun mengafirmasi kegelisahan ini. Berdasarkan pemeringkatan yang disusun Klinik, lima artikel bertema buruh dan tenaga kerja terpopuler sepanjang tahun 2019 memiliki benang merah yang sama. Dari langkah hukum jika upah di bawah standar minimum, hingga aturan kenaikan upah secara berkala, semuanya menyoroti realitas pengupahan di Indonesia.

 


  1. Langkah Hukum Jika Upah di Bawah Standar Minimum

Pengusaha dilarang membayar upah lebih rendah dari upah minimum. Upah minimum sendiri dapat terdiri atas upah minimum berdasarkan wilayah provinsi atau kabupaten/kota, serta upah minimum berdasarkan sektor pada wilayah provinsi atau kabupaten/kota.

 

Ancaman bagi pengusaha yang membayar upah pekerjanya di bawah upah minimum adalah pidana penjara paling singkat satu tahun dan paling lama empat tahun dan/atau denda paling sedikit Rp100 juta dan paling banyak Rp400 juta.

 

Selain melalui jalur pidana, langkah hukum apa lagi yang dapat dilakukan pekerja jika upahnya di bawah upah minimum? Klik pada subjudul untuk mencari tahu!

Halaman Selanjutnya
Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua