Senin, 13 January 2020

Besaran Gaji Corporate Lawyer Indonesia Tahun 2019 dan Proyeksi 2020

Gaji partner mencapai Rp2,2 miliar per tahun. Sementara gaji associate Rp350 juta hingga Rp1,3miliar per tahun.
Norman Edwin Elnizar
Ilustrasi gaji lawyer. Ilustrator: HGW

Industri jasa hukum tahun 2019 tampak masih menunjukkan penghasilan yang memuaskan. Para lawyer dengan posisi associate bisa mengantongi gaji Rp29juta hingga Rp108juta per bulan (gross). Tentu saja posisi partner akan lebih besar lagi nilainya. Data tertinggi untuk gaji partner bisa mencapai Rp183juta per bulan.

Laporan mengenai besar gaji lawyer kali ini diperoleh dari “Salary Survey  2020- Greater China & South East Asia” oleh Robert Walters. Perusahaan jasa konsultan rekrutmen eksekutif ini menangani pencarian dan penempatan kandidat profesional berdasarkan permintaan klien.

Albertus Pratama, konsultan Robert Walters menjelaskan menjelaskan metode survei tersebut. Kami menganalisis dari 3000 kandidat yang pernah ditempatkan, kami update  terus kabar dari mereka, serta membuat prediksi tahun mendatang,kata pria yang akrab disapa Albert ini kepada hukumonline.

Metode yang digunakan semacam riset kualitatif berdasarkan informasi para profesional yang ditempatkan Robert Walters. Data yang digunakan adalah hasil penempatan permanen dan disiplin perekrutan selama tahun 2019.

Perlu dicatat bahwa lawyer pemula dari fresh graduate tidak termasuk dalam hasil riset ini. Robert Walters membagi dua kriteria firma hukum dalam risetnya. Masing-masing adalah firma hukum yang berafiliasi dengan firma hukum asing dan yang tidak berafiliasi. Ukuran besarnya firma hukum berdasarkan jumlah personel tidak menjadi tolok ukur dalam survei. Albert mengakui bahwa klien yang meminta bantuan mereka membutuhkan kandidat dengan pengalaman dan kompetensi tinggi. Para kandidat yang mencari tempat kerja baru lewat mereka adalah para profesional berpengalaman.

Di sektor hukum ini, klien mereka adalah perusahaan yang mencari in-house counsel atau firma hukum yang mencari personel lawyer. “Sebagian besar kandidat kami memiliki 5 – 20 tahun pengalaman bekerja,Albert menambahkan.

Survei Robert Walters ini cukup lengkap memotret besaran gaji posisi yang biasa dikenal dalam law firm. Mulai dari junior-mid associate hingga partner pernah ditempatkan melalui bantuan Robert Walters. Meskipun begitu, Albert menegaskan bahwa survei mereka berfokus pada data dari para individu profesional. Namun saya belum bisa katakan ini mencerminkan sepenuhnya yang terjadi di market, kenyataannya sangat beragam, survei kami adalah gambaran umum, ujar Albert.

Halaman Selanjutnya
Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua