Cara FH Unpas Dorong Pengembangan Edukasi Hukum bagi Mahasiswa dan Dosen
Berita

Cara FH Unpas Dorong Pengembangan Edukasi Hukum bagi Mahasiswa dan Dosen

Melalui program kerja sama Hukumonline University Solution, FH Unpas berkomitmen untuk menyediakan referensi yang baik bagi perkembangan kualitas pengajar maupun mahasiswa.

Oleh:
CT-CAT
Bacaan 2 Menit
Dekan FH Unpas, Dr. Anthon Freddy Susanto, S.H., M.Hum. dan Direktur Konten dan Pemberitaan Hukumonline, Amrie Hakim berjabat tangan seusai penandatanganan MoU kerja sama.
Dekan FH Unpas, Dr. Anthon Freddy Susanto, S.H., M.Hum. dan Direktur Konten dan Pemberitaan Hukumonline, Amrie Hakim berjabat tangan seusai penandatanganan MoU kerja sama.

Hampir dua bulan berselang, sejak konferensi berskala internasional pertama di Indonesia, Global Alliance for Justice Education (GAJE) 2019 digelar di Fakultas Hukum Universitas Pasundan (FH Unpas). Kini, FH Unpas kembali membuka ruang bagi civitas akademica-nya untuk memperoleh edukasi hukum seluas-luasnya, melalui kerja sama dengan Hukumonline, yang diselenggarakan di Ruang Rapat Eksekutif Dekan FH Unpas, Bandung pada Rabu (5/2/2020).

 

Dekan FH Unpas, Dr. Anthon Freddy Susanto, S.H., M.Hum. mengatakan, kerja sama ini menjadi upaya fakultas untuk melangkah lebih jauh ke depan dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa maupun dosen, khususnya melalui penyediaan fasilitas database hukum. Hal ini sejalan dengan misi Hukumonline untuk mengedukasi masyarakat menjadi melek hukum, melalui informasi pemberitaan, Klinik Hukum, penyediaan pusat data, hingga pengembangan konten kreatif lainnya.

 

“Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat memberikan referensi yang baik untuk mahasiswa, sebagai bagian dari pembaruan fasilitas perkuliahan. Tidak hanya itu, akses terhadap database hukum dapat dimanfaatkan oleh dosen dalam proses riset maupun pembelajaran, khususnya pada materi-materi yang khas seperti hukum internasional, perjanjian internasional, hukum bisnis, dan lain sebagainya,” tutur Anthon.

 

Mengikuti perubahan zaman, hingga awal 2020, FH Unpas sendiri telah mengembangkan beberapa sistem berbasis digital seperti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), e-learning, serta menyediakan laboratorium hukum, laboratorium multimedia, laboratorium bahasa Inggris, serta Clinical Legal Education (CLE) yang fokus pada street law.

 

Akses Tak Terbatas pada Pusat Data Hukumonline

Hukumonline.com

Program Hukumonline University Solution menawarkan kemudahan akses peraturan perundang-undangan dan putusan pengadilan bersistem Open IP. Jadi, para mahasiswa dan dosen dapat langsung terhubung dengan lebih dari 112 ribu koleksi dokumen peraturan yang tersusun secara sistematis dan terorganisasi, serta berbagai layanan penunjang Hukumonline tanpa harus memasukkan username dan password. “Kami berharap, kerja sama ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan mempermudah proses riset hukum bagi para dosen maupun mahasiswa FH Universitas Pasundan,” ujar Direktur Konten dan Pemberitaan Hukumonline, Amrie Hakim.

 

Anthon sendiri optimis, kerja sama ini dapat berdampak baik bagi pengembangan edukasi hukum di lingkup fakultas. Besar keinginannya agar kerja sama ini bisa berlangsung secara berkesinambungan, mengingat ada banyak catatan, sumber hukum, tulisan, maupun referensi yang dapat memberikan sumbangsih pemikiran bagi para mahasiswa dan dosen. Adapun selain tergabung dalam program Hukumonline University Solution, FH Unpas juga menjalin kerja sama di bidang Publikasi Online dan menjadi mitra Klinik Hukum.

 

“Ada banyak hal yang telah dilakukan fakultas dan sayang sekali jika tidak dapat diketahui oleh khalayak yang lebih luas. Selain itu, ada pula rubrik Kolom yang bisa dimanfaatkan sebagai platform bagi para akademisi untuk membagi pemikiran dan pandangan hukum kepada pembaca Hukumonline, sehingga secara tidak langsung kami ingin mengedukasi bahwa hukum tidak melulu sulit dan kaku. (Dengan catatan) selama informasi tersebut disampaikan dengan cara yang lebih mudah dipahami,” Pemimpin Redaksi Hukumonline, Fathan Qorib menambahkan.

Tags:

Berita Terkait