Berita

NMCC Sukses, DPN PERADI Beri Kenang-kenangan ke PN Jakarta Barat

Sebagai wujud terima kasih atas suksesnya NMCC, perwakilan DPN PERADI dan anggota panitia bertandang ke Pengadilan Negeri Jakarta Barat untuk memberikan kenang-kenangan.
Oleh:
CT-CAT
Bacaan 2 Menit
NMCC Sukses, DPN PERADI Beri Kenang-kenangan ke PN Jakarta Barat
Hukumonline

Sidang babak penyisihan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat yang berlangsung dari pagi hingga malam menandai berakhirnya National Moot Court Competition Perhimpunan Advokat Indonesia (NMCC PERADI 2020) pada 7-9 Februari 2020. Itu sebabnya, sebagai wujud terima kasih atas suksesnya pepaksanaan NMCC, DPN PERADI diwakili oleh Ketua Panitia NMCC PERADI, Dr. Bambang Hariyanto, S.H., M.H. didampingi Sekretarisnya, Viator Harlen Sinaga, S.H., M.H., serta beberapa anggota panitia bertandang ke Pengadilan Negeri Jakarta Barat menemui Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Dr. Syahlan, S.H., M.H. untuk memberikan kenang-kenangan.

 

“NMCC PERADI 2020 telah terlaksana dengan baik dan sukses. Terima kasih atas bantuan dan perhatian yang sungguh-sungguh dari KPN Jakarta Barat. Bukan hanya peserta mahasiswa yang bangga tampil di PN Jakarta Barat, melainkan kami panitia, juga turut berbangga NMCC dapat ditampilkan di gedung pengadilan yang jadi salah satu percontohan di Indonesia,” kata Bambang yang juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal di DPN PERADI.

 

Mewakili seluruh panitia dan jajaran DPN PERADI di bawah kepemimpinan Ketua Umum Prof. Dr. Fauzie Yusuf Hasibuan, S.H., M.H., Bambang juga memberikan penghargaan yang tinggi kepada Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Dr. Syahlan, S.H., M.H. beserta segenap staf dan karyawan yang telah membantu pelaksanaan NMCC PERADI. Adapun kedatangan tersebut ditanggapi positif oleh Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Barat yang pada saat itu didampingi Wakil Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Erwin Djong, S.H., M.H.

 

“Sejak awal, kami sangat antusias dan mendukung adanya penyelenggaraan NMCC PERADI di Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Itu sebabnya, kami langsung berupaaya untuk membantu kelancaran pelaksanaan NMCC PERADI sebaik mungkin, sebab kegiatan ini sejalan dengan program Mahkamah Agung untuk mensosialisasikan program E-court. Di samping itu, NMCC merupakan kegiatan positif untuk mendorong dan memotivasi mahasiswa hukum menjadi penegak hukum di masa yang akan datang,” Syahlan menegaskan.

 

Kompetisi Sidang Peradilan Semu bertema ‘Peradilan Tata Usaha Negara’ dan berbasis e-litigasi ini, digelar dalam rangka memperingati HUT Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) yang ke-15. Sebagai hasil akhir, juara pertama diraih Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, juara dua dari Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang (UNNES), dan juara tiga, Fakultas Hukum UIN Sunan Kalijaga .

 

Penentuan ketiga juara ini dilakukan dengan cermat dan berat, setelah menilai berkas dan menyaksikan penampilan simulasi persidangan. Para Juri terdiri atas Hakim PTUN, pengajar Hukum Tata Usaha Negara, dan para advokat senior. Adapun sebagai hadiah, juara pertama mendapatkan uang tunai sebesar Rp25 juta dan trofi bergilir DPN PERADI; juara kedua mendapatkan uang tunai sebesar Rp20 juta, trofi, serta juara ketiga mendapatkan Rp15 juta. Ketiganya juga mendapatkan medali, sertifikat, dan pendidikan profesi advokat senilai Rp10 juta.

 

Selain itu, para pemenang terbaik kategori majelis hakim terbaik, penggugat terbaik, tergugat terbaik, panitera terbaik, saksi/ahli terbaik, dan berkas terbaik,  mendapatkan penghargaan masing-masing berupa uang tunai sebesar Rp1 juta, sertifikat, dan plakat.

 

Artikel ini merupakan kerja sama antara Hukumonline dengan Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI).

Berita Terkait