Teknologi dan Munas PERADI SAI
Foto Essay

Teknologi dan Munas PERADI SAI

Juniver Girsang terpilih kembali menjadi Ketua Umum PERADI SAI periode 2020-2025.

Oleh:
Resa Esnir
Bacaan 2 Menit
Foto: RES
Foto: RES

Musyawarah Nasional (Munas) ke III Perhimpunan Advokat Indonesia Suara Advokat Indonesia (PERADI SAI), Sidang Pleno I akhirnya dibuka di hotel Mercure Convention Center Ancol, Jakarta, Jumat (28/2).

Hukumonline.com

Perhelatan yang dilakukan setiap lima tahun sekali ini berlangsung hingga 1 Maret, dengan beberapa agenda utama, di antaranya pembahasan laporan ketua umum, laporan keuangan dan kegiatan organisasi, serta puncaknya—pemilihan Ketua Umum DPN Peradi SAI periode 2020-2025.

Hukumonline.com

Ada yang tak biasa dalam Munas organisasi advokat. Sejumlah pejabat Negara hingga anggota dewan turut menghadiri pembukaan Munas. Mereka antara lain Menkumham Yasonna H Laoly yang mewakili Wakil Presiden RI untuk membuka penyelenggaraan Munas.

Hukumonline.com

Pejabat tinggi negara lainnya yang hadir antara lain Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Ketua MPR Bambang Soesatyo, sejumlah perwakilan dari anggota Komisi III DPR seperti Ahmad Syahroni, Junimart Girsang dan Benny K Harman serta Ketua Ombudsman Amzulian Rifai. Bahkan, Ketua PERADi Rumah Bersama Advokat Luhut MP Pangaribuan juga turut hadir.

Hukumonline.com

Puncak acara Munas adalah pemilihan Ketua Umum DPN Peradi SAI yang berlangsung pada Sabtu (29/2). Pemilihan menghasilkan keputusan untuk menetapkan kembali Juniver Girsang sebagai ketua umum periode 2020-2025. Dia berhasil unggul dari lawannya Patra M Zen dalam mekanisme elektronik voting khususnya sistem One Person One vote (OPOV).

Hukumonline.com

Awalnya, calon ketua umum DPN PERADI SAI 2020-2025 adalah tiga orang, yakni Juniver Girsang, Harry Ponto dan Patra M Zen. Namun dalam perjalanannya, Harry Ponto memutuskan mundur dan menyisakan dua calon.

Hukumonline.com

Terdapat 501 peserta Munas yang teregistrasi oleh panitia untuk kemudian memilih calon menggunakan mekanisme e-voting dengan memindai barcode yang terdapat pada kartu registrasi yang dimiliki masing-masing peserta.

Halaman Selanjutnya:
Tags: