Senin, 23 March 2020

​​​​​​​Mau Tahu 99 Top Corporate Law Firm Indonesia 2020?

​​​​​​​Altenatif rujukan terpercaya bagi pengguna jasa corporate law firm di Indonesia.
Normand Edwin Elnizar

Hukumonline mencatat kehadiran 28 corporate law firm baru sepanjang tahun 2015-2019. Dibandingkan dengan lima tahun lebih ke belakang, pertambahan saat itu masih kisaran belasan. Hanya ada 16 firma hukum baru pada 2010-2014. Lalu bagaimana kabar mereka saat ini? Apakah berhasil tumbuh sebagai firma hukum papan atas Indonesia? Nah, untuk menjawabnya Hukumonline kembali menghadirkan daftar eksklusif dalam Corporate Law Firms Ranking 2020.

 

Tampak semakin banyak pilihan bagi dunia bisnis di Indonesia untuk memilih jasa hukum terbaik. Pertambahan corporate law firm selama dekade 2000-2009 saja mencapai 35 corporate law firm baru. Jauh berbeda dengan dekade 1990-1999 yang hanya bertambah 11 firma hukum baru. Sedangkan pertambahan pada dekade sebelumnya masih dalam hitungan jari.

 

(Baca rangkaian artikel mengenai: Sejarah Kantor Advokat Indonesia)

 

Tentu saja jumlah dalam daftar Hukumonline belum sepenuhnya mencakup seluruh law firm yang ada di Indonesia. Masih seperti dua edisi sebelumnya, daftar disusun berdasarkan survei kepada ratusan kantor hukum pelanggan hukumonline. Jumlah responden yang bersedia mengikuti survei sukarela ini terus meningkat tiap tahunnya.

 

Berawal dari 19 corporate law firm di edisi 2018 yang meningkat menjadi 85 di edisi 2019. Kali ini terhimpun 99 firma hukum dalam daftar peringkat edisi 2020. Tentu saja pemeringkatan ini bukan untuk mengangkat dan menjatuhkan satu sama lain. Data yang disajikan dalam daftar peringkat hanya sebagai informasi objektif untuk kepentingan publik.

 

Hukumonline berharap bisa memberikan altenatif rujukan terpercaya bagi pengguna jasa corporate law firm. Pendekatan yang digunakan dalam pemeringkatan sampai saat ini sebatas pada jumlah fee earners. Hukumonline memilih indikator itu sebagai salah satu cara mengukur kapasitas kantor hukum. Di sisi lain, penilaian kapabilitas melibatkan berbagai faktor lebih kompleks dan personal sehingga membutuhkan riset lebih hati-hati.

 

Itu sebabnya penilaian soal kualitas objektif law firm di luar dari tujuan pemeringkatan ini. Hukumonline menyerahkan sepenuhnya kepada para klien dan calon klien pengguna jasa law firm. Daftar peringkat menjadi upaya Hukumonline mengenalkan sebanyak mungkin law firm yang bisa menjadi pilihan.

 

Besar atau kecil ukuran suatu law firm nyatanya memang tak menjadi patokan soal kepuasan klien. Semua bergantung kebutuhan. Beberapa klien pengguna jasa law firm dari kalangan perusahaan menjelaskan hal itu kepada Hukumonline.

Halaman Selanjutnya
Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua