​​​​​​​Mau Tahu 99 Top Corporate Law Firm Indonesia 2020?
Corporate Law Firms Ranking 2020

​​​​​​​Mau Tahu 99 Top Corporate Law Firm Indonesia 2020?

​​​​​​​Altenatif rujukan terpercaya bagi pengguna jasa corporate law firm di Indonesia.

Oleh:
Normand Edwin Elnizar
Bacaan 2 Menit
​​​​​​​Mau Tahu 99 Top Corporate Law Firm Indonesia 2020?
Hukumonline

Hukumonline mencatat kehadiran 28 corporate law firm baru sepanjang tahun 2015-2019. Dibandingkan dengan lima tahun lebih ke belakang, pertambahan saat itu masih kisaran belasan. Hanya ada 16 firma hukum baru pada 2010-2014. Lalu bagaimana kabar mereka saat ini? Apakah berhasil tumbuh sebagai firma hukum papan atas Indonesia? Nah, untuk menjawabnya Hukumonline kembali menghadirkan daftar eksklusif dalam Corporate Law Firms Ranking 2020.

 

Tampak semakin banyak pilihan bagi dunia bisnis di Indonesia untuk memilih jasa hukum terbaik. Pertambahan corporate law firm selama dekade 2000-2009 saja mencapai 35 corporate law firm baru. Jauh berbeda dengan dekade 1990-1999 yang hanya bertambah 11 firma hukum baru. Sedangkan pertambahan pada dekade sebelumnya masih dalam hitungan jari.

 

(Baca rangkaian artikel mengenai: Sejarah Kantor Advokat Indonesia)

 

Tentu saja jumlah dalam daftar Hukumonline belum sepenuhnya mencakup seluruh law firm yang ada di Indonesia. Masih seperti dua edisi sebelumnya, daftar disusun berdasarkan survei kepada ratusan kantor hukum pelanggan hukumonline. Jumlah responden yang bersedia mengikuti survei sukarela ini terus meningkat tiap tahunnya.

 

Berawal dari 19 corporate law firm di edisi 2018 yang meningkat menjadi 85 di edisi 2019. Kali ini terhimpun 99 firma hukum dalam daftar peringkat edisi 2020. Tentu saja pemeringkatan ini bukan untuk mengangkat dan menjatuhkan satu sama lain. Data yang disajikan dalam daftar peringkat hanya sebagai informasi objektif untuk kepentingan publik.

 

Hukumonline berharap bisa memberikan altenatif rujukan terpercaya bagi pengguna jasa corporate law firm. Pendekatan yang digunakan dalam pemeringkatan sampai saat ini sebatas pada jumlah fee earners. Hukumonline memilih indikator itu sebagai salah satu cara mengukur kapasitas kantor hukum. Di sisi lain, penilaian kapabilitas melibatkan berbagai faktor lebih kompleks dan personal sehingga membutuhkan riset lebih hati-hati.

 

Itu sebabnya penilaian soal kualitas objektif law firm di luar dari tujuan pemeringkatan ini. Hukumonline menyerahkan sepenuhnya kepada para klien dan calon klien pengguna jasa law firm. Daftar peringkat menjadi upaya Hukumonline mengenalkan sebanyak mungkin law firm yang bisa menjadi pilihan.

 

Besar atau kecil ukuran suatu law firm nyatanya memang tak menjadi patokan soal kepuasan klien. Semua bergantung kebutuhan. Beberapa klien pengguna jasa law firm dari kalangan perusahaan menjelaskan hal itu kepada Hukumonline.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait