Senin, 23 March 2020

​​​​​​​Ini Dia Top 30 Corporate Law Firm Besar Indonesia 2020

​​​​​​​Mengedepankan kualitas pelayanan. Kuantitas jumlah meningkat tergantung kebutuhan beban kerja.
Normand Edwin Elnizar

Daftar Top 30 corporate law firm didominasi generasi law firm era 2000-an. Posisi pertama diduduki Assegaf Hamzah & Partners (AHP) yang berdiri tahun 2001. Disusul berturut-turut oleh HHP Law Firm yang berdiri tahun 1989, Lubis Ganie Surowidjojo (LGS) tahun 1985, Dentons HPRP tahun 1990, dan Ali Budiardjo, Nugroho, Reksodiputro (ABNR) tahun 1967.

 

ABNR menjadi law firm tertua dari generasi pertama yang ada dalam Top 30. Survei Hukumonline selama tiga tahun berturut-turut menunjukkan ABNR mampu bertahan dalam jajaran lima besar.

 

Masih ada dua firma hukum era 80-an yang menemani LGS dan HHP Law Firm di daftar Top 30. Keduanya adalah Makarim & Taira S. yang berdiri tahun 1980 dan Lubis, Santosa & Maramis (LSM) di tahun 1986.

 

Sedangkan yang berdiri era 90-an lainnya dalam daftar Top 30 ada enam firma hukum. Masing-masing adalah SSEK Indonesial Legal Consultants tahun 1992, Armand Yapsunto Muharamsyah & Partners (AYMP) tahun 1994, Soemadipradja & Taher (S&T) tahun 1991, Roosdiono & Partners tahun 1999, Hutabarat Halim & Rekan tahun 1996, dan Makes & Partners Law Firm tahun 1993.

 

Selebihnya adalah law firm era 2000-an. Hasil menarik ditunjukkan oleh lima law firm dalam daftar Top 30 ternyata baru berdiri lima tahun belakangan. Siregar Setiawan Manalu Partnership (SSMP) dan ABC Law di tahun 2015. Selanjutnya Guido Hidayanto & Partners di tahun 2016 disusul Walalangi & Partners (W&P) dan UMBRA masing-masing di tahun 2017.

 

Hampir seluruh law firm dalam daftar Top 30 berada di wilayah DKI Jakarta. ABC Law yang berada di Bali menjadi satu-satunya di luar DKI Jakarta. Lebih dari separuh law firm di daftar Top 30 berafiliasi dengan law firm asing atau memiliki advokat asing yang bekerja di kantornya.

 

Dua law firm bahkan masing-masing berafiliasi dengan salah satu dari The Big Four. Hermawan Juniarto & Partners (HJ) yang didirikan tahun 2005 menjadi bagian dari jaringan Deloitte pada Oktober 2018. Sedangkan LGS resmi menjadi bagian dari jaringan KPMG melalui KPMG Indonesia sejak Mei 2019.

Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua