Selasa, 24 March 2020

​​​​​​​Adu Spesialis Corporate Law Firm Besar Indonesia 2020

​​​​​​​Berbagai spesialisasi berorientasi strategi mendapakan klien. Termasuk juga sebagai langkah jangka panjang untuk terus membesarkan law firm.
Normand Edwin Elnizar

Ada 20 kategori practice area (bidang praktik) yang Hukumonline himpun dalam survei Corporate Law Firms Ranking 2020. Hasilnya menunjukkan empat kategori yang dilayani oleh hampir seluruh law firm dalam daftar Top 30. Sedangkan 16 kategori lainnya dilayani rata-rata oleh belasan law firm bahkan ada yang hanya hitungan jari.

 

Bidang praktik untuk corporate action (tindakan perusahaan) termasuk merger dan akuisisi menjadi yang paling banyak tersedia. Sebanyak 27 law firm menyediakan jasa hukum di bidang ini. Jumlah terbanyak berikutnya masing-masing adalah arbitration, litigation, & dispute resolution (penyelesaian sengketa litigasi atau nonlitigasi) serta projects, mining, energy, & renewal energy (energi dan sumber daya mineral) yang disediakan 24 law firm.

 

Selanjutnya ada 23 law firm melayani jasa hukum banking & finance (perbankan dan pembiayaan). Termasuk dalam kategori ini pula berbagai start up (perusahaan rintisan) bidang teknologi—terutama fintech—dilayani.

 

Layanan jasa hukum untuk tax & international trade (perpajakan dan transaksi bisnis internasional), forestry & plantation (pengolahan hasil hutan dan kebun), dan aviation (penerbangan) masing-masing tersedia di delapan law firm. Tidak diduga ada lima law firm besar di daftar Top 30 memberikan personalisasi layanan khusus private client (klien pribadi).

 

Tercatat empat law firm melayani jasa bidang Islamic law (hukum Islam) terutama untuk berbagai aspek transaksi keuangan. Bidang praktik paling sedikit dilayani oleh law firm di Top 30 adalah private equity & investment management (pengelolaan dana investasi) oleh hanya tiga law firm.

 

 

Tentu saja pelayanan jasa di setiap bidang praktik berdasarkan hitung-hitungan permintaan pasar dan proyeksi keuntungan. Hal itu diakui Bono Daru Adji, Managing Partner Assegaf Hamzah & Partners (AHP). “Sebagai entitas bisnis, kami mengembangkan di practice area yang menjanjikan,” kata Bono.

 

Ia menjelaskan practice area tersebut ditampilkan dalam berbagai practice group (tim kerja) diAHP. “Practice group  itu spesialisasi yang artinya kami punya ahlinya yang memahami hukum serta praktik industrinya,” ujar Bono. Pengalaman di suatu bidang praktik tertentu menjadi dasar kokoh pelayanan jasa hukum yang diberikannya.

Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua