Selasa, 24 Maret 2020

​​​​​​​Kompetitif, Beragam Area Praktik Corporate Law Firm Menengah Indonesia 2020

​​​​​​​Punya spesialiasasi, namun luwes berkembang mengikuti kepercayaan klien.
Normand Edwin Elnizar

Sebanyak 63 dari 69 law firm menengah kenamaan di Corporate Law Firm Rankings 2020 menyediakan jasa hukum corporate action (tindakan perusahaan) termasuk merger dan akuisisi. Practice area (bidang praktik) menjadi yang paling banyak dilayani. Diikuti oleh arbitration, litigation, & dispute resolution (penyelesaian sengketa litigasi atau nonlitigasi) di posisi kedua terbanyak oleh 50 law firm menengah kenamaan.

 

Jasa hukum di bidang praktik banking & finance (perbankan dan pembiayaan) ada di posisi ketiga terbanyak dilayani oleh 35 law firm. Selanjutnya 32 law firm menyediakan layanan di bidang praktik labor & employment (ketenagakerjaan). Jumlah itu disusul tipis dalam bidang praktik bankruptcy, insolvency, & restructuring yang dilayani 31 law firm dan projects, mining, energy, & renewal energy (energi dan sumber daya mineral) oleh 30 law firm.

 

Bidang praktik property/real estate (kepemilikan tanah dan bangunan) dan capital markets (pasar modal) masing-masing dilayani 24 law firm. Sebanyak 12 kategori bidang praktik lainnya dilayani rata-rata oleh belasan law firm. Termasuk di dalamnya ada tiga yang hanya hitungan jari.

 

Salah satunya bidang praktik tax & international trade (perpajakan dan transaksi bisnis internasional) yang hanya dilayani sembilan law firm. Diikuti bidang praktik aviation (penerbangan) dan Islamic law (hukum Islam) masing-masing dilayani enam law firm.

 

Deretan law firm menengah kenamaan ini tidak hanya bersaing dengan sesamanya. Mereka juga harus berhadapan dengan law firm besar yang terus mengembangkan strategi bisnisnya. Marcia Wibisono, Partner Yang & Co agak berseloroh saat menjelaskan. “Jujur saja kami tidak khawatir dengan banyaknya law firm baru, justru law firm besar yang berani turun harga itu yang jadi tantangan,” ujarnya diiringi tawa.

 

Marcia menjelaskan bahwa law firm menengah memiliki kelebihan dibandingkan law firm besar. Jumlah lawyer yang lebih terbatas membuat mereka bisa meningkatkan sentuhan personal kepada klien.

 

Baca:

Halaman Selanjutnya
Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua