Corporate Law Firms Ranking 2020

​​​​​​​Ragam Inovasi Law Firm Hadapi Tantangan Bisnis Jasa Hukum

​​​​​​​Mulai dari memanfaatkan teknologi informatika hingga melakukan pro bono.
Oleh:
Normand Edwin Elnizar
Bacaan 2 Menit
​​​​​​​Ragam Inovasi Law Firm Hadapi Tantangan Bisnis Jasa Hukum
Hukumonline

Perlambatan pertumbuhan ekonomi akibat lesunya geliat dunia bisnis ikut berdampak kepada bisnis corporate law firm. Pasar jasa hukum yang mereka sasar jelas berfokus pada klien perusahaan. Hal itu terlihat dari 20 kategori practice area dalam survei Hukumonline. Sejumlah 19 kategori ditujukan untuk melayani kepentingan hukum perusahaan. Hanya seperlima dari 99 law firm yang melayani kategori private client untuk perkara tertentu.

 

Ketika ditanya mengenai tantangan bisnis jasa hukum, ada beragam jawaban yang diberikan dalam survei. Misalnya situasi politik yang kurang stabil disebut juga sebagai tantangan bisnis jasa hukum.

 

Semakin banyaknya law firm yang mempengaruhi persaingan harga layanan jasa hukum termasuk tantangan yang disebutkan. Bahkan tren perusahaan yang membentuk tim in house counsel  dengan banyak personel pun menjadi tantangan.

 

Corporate law firm dipacu untuk menyajikan sesuatu yang berbeda. Penawaran jasanya harus tetap relevan bagi klien dan tentunya menghasilkan keuntungan bagi firma hukum. Berikut ini Hukumonline rangkum beberapa kategori inovasi yang banyak dilakukan law firm sepanjang tahun 2019. Tentu saja dalam rangka menghadapi tantangan bisnis jasa hukum.

 

Baca:

  1. Efisiensi Kerja Berbasis Teknologi

Banyak law firm responden dalam Corporate Law Firms Ranking 2020 sudah memanfatkan kemajuan teknologi informatika. Sebut saja pengelolaan dokumen berbasis digital seperti cloud system, pengerjaan dokumen dalam sistem online terintegrasi, penggunaan artificial intelligence dalam berbagai paket aplikasi komputer, dan lain-lain telah digunakan.

 

Semua perangkat teknologi itu dilakukan dalam rangka meningkatkan efisiensi kerja. Pekerjaan semakin leluasa dilakukan tanpa sekat ruang dan waktu. Pekerjaan tetap bisa dilakukan oleh tim bersama-sama dari luar kantor.

Halaman Selanjutnya:
Berita Terkait