Selasa, 24 Maret 2020

​​​​​​​Ragam Inovasi Law Firm Hadapi Tantangan Bisnis Jasa Hukum

​​​​​​​Mulai dari memanfaatkan teknologi informatika hingga melakukan pro bono.
Normand Edwin Elnizar

Perlambatan pertumbuhan ekonomi akibat lesunya geliat dunia bisnis ikut berdampak kepada bisnis corporate law firm. Pasar jasa hukum yang mereka sasar jelas berfokus pada klien perusahaan. Hal itu terlihat dari 20 kategori practice area dalam survei Hukumonline. Sejumlah 19 kategori ditujukan untuk melayani kepentingan hukum perusahaan. Hanya seperlima dari 99 law firm yang melayani kategori private client untuk perkara tertentu.

 

Ketika ditanya mengenai tantangan bisnis jasa hukum, ada beragam jawaban yang diberikan dalam survei. Misalnya situasi politik yang kurang stabil disebut juga sebagai tantangan bisnis jasa hukum.

 

Semakin banyaknya law firm yang mempengaruhi persaingan harga layanan jasa hukum termasuk tantangan yang disebutkan. Bahkan tren perusahaan yang membentuk tim in house counsel  dengan banyak personel pun menjadi tantangan.

 

Corporate law firm dipacu untuk menyajikan sesuatu yang berbeda. Penawaran jasanya harus tetap relevan bagi klien dan tentunya menghasilkan keuntungan bagi firma hukum. Berikut ini Hukumonline rangkum beberapa kategori inovasi yang banyak dilakukan law firm sepanjang tahun 2019. Tentu saja dalam rangka menghadapi tantangan bisnis jasa hukum.

 

Baca:


  1. Efisiensi Kerja Berbasis Teknologi

Banyak law firm responden dalam Corporate Law Firms Ranking 2020 sudah memanfatkan kemajuan teknologi informatika. Sebut saja pengelolaan dokumen berbasis digital seperti cloud system, pengerjaan dokumen dalam sistem online terintegrasi, penggunaan artificial intelligence dalam berbagai paket aplikasi komputer, dan lain-lain telah digunakan.

 

Semua perangkat teknologi itu dilakukan dalam rangka meningkatkan efisiensi kerja. Pekerjaan semakin leluasa dilakukan tanpa sekat ruang dan waktu. Pekerjaan tetap bisa dilakukan oleh tim bersama-sama dari luar kantor.

Halaman Selanjutnya
Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua