Kamis, 26 March 2020

Panduan agar Tidak Bingung Lagi Isi SPT Pajak

Jika SPT Pajak tidak disampaikan dalam jangka waktu yang telah ditetapkan, wajib pajak akan dikenakan sanksi administrasi berupa denda sebesar Rp100 ribu hingga Rp1 juta!
CT-CAT

Setiap tahunnya, wajib pajak yang telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) harus mengisi dan melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak. Bahkan agar masyarakat makin taat pajak, pemerintah menyediakan pula layanan pengisian dan pelaporan secara daring melalui laman Direktorat Jenderal Pajak.

 

 

Fatma Octavianita, staf perpajakan Hukumonline bersama Sigar Aji Poerana, legal editor Hukumonline mengurai secara sederhana berbagai aspek dalam pengisian dan pelaporan SPT Pajak pada Hukumonline Podcast Episode 10.

 

Tidak hanya cara isi dan lapor isi SPT Pajak, Hukumonline Podcast kali ini juga mengimbau bahwa ada tenggat waktu dalam pelaporan SPT Pajak. Jika SPT Pajak tidak disampaikan dalam jangka waktu yang telah ditetapkan, wajib pajak akan dikenakan sanksi administrasi berupa denda sebesar Rp100 ribu hingga Rp1 juta!

 

Selain itu, pengisian SPT Pajak juga harus selalu jujur dan tepat. Pengisian yang tidak jujur bisa berakibat fatal karena wajib pajak dapat dipidana dan dihadapkan dengan denda yang sangat besar. Berikut beberapa ringkasan poin dalam Hukumonline Podcast Episode 10 kali ini.

 

1. Kewajiban Memiliki NPWP dan Melaporkan SPT Pajak

Wajib pajak yang harus melaporkan SPT Pajak adalah yang penghasilannya di atas penghasilan tidak kena pajak. Selain itu, wajib pajak yang tidak memiliki NPWP akan dikenakan tarif pajak lebih tinggi 20% daripada tarif yang diterapkan pada wajib pajak dengan NPWP. Agar menghindari tarif pajak yang lebih besar, wajib pajak disarankan untuk membuat NPWP di kantor pajak terdekat.

 

2. Tenggat Waktu dan Tempat Pelaporan SPT Pajak

SPT Pajak tidak hanya dapat dilaporkan ke kantor pajak terdekat, tetapi juga dapat dilaporkan secara daring. Selain itu, jika memang ingin melaporkannya ke kantor pajak, tidak perlu harus ke domisili tercatat terlebih dahulu. Cukup mengunjungi kantor pajak terdekat.

 

Lantas, mengingat Indonesia kini tengah menghadapi wabah virus corona, kapan tenggat waktu pelaporan SPT Pajak pada tahun 2020?  

Halaman Selanjutnya
Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua