Thomas E. Tampubolon: 5 Langkah Sederhana untuk Cegah Covid-19
Berita

Thomas E. Tampubolon: 5 Langkah Sederhana untuk Cegah Covid-19

Sekretaris Jenderal DPN Peradi, Thomas E. Tampubolon, S.H., M.H. mengimbau masyarakat untuk melakukan lima langkah sederhana dalam mencegah infeksi covid-19.

Oleh:
CT-CAT
Bacaan 2 Menit
Sekjen DPN Peradi, Thomas E.Tampubolon, S.H., M.H. Foto: RES.
Sekjen DPN Peradi, Thomas E.Tampubolon, S.H., M.H. Foto: RES.

Hingga saat ini, belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan atau mencegah inveksi covid-19 yang pertama kali ditemukan di Wuhan, Tiongkok pada Desember 2019. Itu sebabnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau masyarakat agar serius dalam merespons pandemi ini dan senantiasa melakukan tindakan pencegahan.

 

Disarikan dari beberapa sumber tepercaya seperti situs WHO dan disesuaikan dengan keadaan, Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi), Thomas E.Tampubolon, S.H., M.H.merilis lima langkah sederhana untuk mencegah infeksi covid-19, seperti:

 

1. Mencuci Tangan dengan Benar

Mencuci tangan dengan benar adalah cara paling sederhana, tetapi efektif untuk mencegah penyebaran covid-19.

 

Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya dengan durasi 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih, atau mesin pengering tangan.

 

Para pekerja komuter yang sehari-hari menggunakan transportasi umum, tentu akan kesulitan menemukan air dan sabun. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan hand sanitizier. Adapun produk hand sanitizer yang bisa digunakan adalah yang mengandung alkohol minimal 60%, sehingga lebih efektif membasmi kuman. 

 

Anda juga diharuskan mencuci tangan secara teratur, terutama pada saat-saat seperti: sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet, sebelum menyusui bayi atau memerah ASI, setelah menyentuh hewan, setelah membuang sampah, dan paling penting: setelah batuk atau bersin.

 

2. Menggunakan masker

Ada dua tipe masker yang bisa Anda digunakan untuk mencegah penularan Covid-19 yaitu masker bedah dan masker N95.  Masker bedah merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan. Masker ini mudah ditemukan, harganya terjangkau, dan nyaman dipakai, sehingga banyak orang yang menggunakan masker ini saat beraktivitas sehari-hari.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait