Selasa, 07 April 2020

Thomas E. Tampubolon: 5 Langkah Sederhana untuk Cegah Covid-19

Sekretaris Jenderal DPN Peradi, Thomas E. Tampubolon, S.H., M.H. mengimbau masyarakat untuk melakukan lima langkah sederhana dalam mencegah infeksi covid-19.
CT-CAT
Sekjen DPN Peradi, Thomas E.Tampubolon, S.H., M.H. Foto: RES.

Hingga saat ini, belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan atau mencegah inveksi covid-19 yang pertama kali ditemukan di Wuhan, Tiongkok pada Desember 2019. Itu sebabnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau masyarakat agar serius dalam merespons pandemi ini dan senantiasa melakukan tindakan pencegahan.

 

Disarikan dari beberapa sumber tepercaya seperti situs WHO dan disesuaikan dengan keadaan, Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (DPN Peradi), Thomas E.Tampubolon, S.H., M.H.merilis lima langkah sederhana untuk mencegah infeksi covid-19, seperti:

 

1. Mencuci Tangan dengan Benar

Mencuci tangan dengan benar adalah cara paling sederhana, tetapi efektif untuk mencegah penyebaran covid-19.

 

Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya dengan durasi 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih, atau mesin pengering tangan.

 

Para pekerja komuter yang sehari-hari menggunakan transportasi umum, tentu akan kesulitan menemukan air dan sabun. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan hand sanitizier. Adapun produk hand sanitizer yang bisa digunakan adalah yang mengandung alkohol minimal 60%, sehingga lebih efektif membasmi kuman. 

 

Anda juga diharuskan mencuci tangan secara teratur, terutama pada saat-saat seperti: sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet, sebelum menyusui bayi atau memerah ASI, setelah menyentuh hewan, setelah membuang sampah, dan paling penting: setelah batuk atau bersin.

 

2. Menggunakan masker

Ada dua tipe masker yang bisa Anda digunakan untuk mencegah penularan Covid-19 yaitu masker bedah dan masker N95.  Masker bedah merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan. Masker ini mudah ditemukan, harganya terjangkau, dan nyaman dipakai, sehingga banyak orang yang menggunakan masker ini saat beraktivitas sehari-hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua