Rabu, 08 April 2020

Baleg DPR Tak Menargetkan Penyelesaian RUU Cipta Kerja

Namun, KSPI mendesak DPR dan pemerintah untuk menghentikan pembahasan RUU Cipta Kerja di tengah pandemi Covid-19.
Rofiq Hidayat
Sejumlah organisasi buruh menolak RUU Cipta Kerja saat menggelar unjuk rasa di depan Gedung DPR beberapa waktu lalu. Foto: RES

Rapat paripurna DPR beberapa waktu lalu menugaskan Badan Legislasi (Baleg) untuk membahas draf Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Cipta Kerja. Perencanaan tahapan pembahasan RUU Cipta Kerja ini telah disusun oleh Baleg DPR sesuai sejumlah hasi rapat yang digelar Selasa (7/4/2020) kemarin.   

 

Ketua Baleg Supratman Andi Agtas memahami desakan aspirasi masyarakat agar tidak membahas RUU Cipta Kerja dalam situasi pandemi Covid-19. Hanya saja, DPR telah menugaskan Baleg. Baleg telah menggelar rapat internal yang hasilnya belum pada tahap membahas RUU Cipta Kerja, tapi baru  merencanakan agenda tahapan pembahasan.

 

Ada beberapa poin hasil rapat internal yang digelar Selasa (7/4) kemarin. Pertama, Baleg akan terlebih dahulu mengundang pemerintah dalam rapat kerja. Tujuannya untuk mendengarkan pendapat pemerintah terlebih dahulu tentang kemunginkan ada tidaknya perubahan atau pendapat lain dalam RUU Cipta Kerja.

 

Kedua, setelah rapat kerja dengan pemerintah, Baleg bakal membentuk Panitia Kerja (Panja) beranggotakan 39 orang dari 9 fraksi. Pembagian jumlah anggota per fraksi dibagi secara proporsional berdasarkan jumlah anggota Baleg.Ketiga,penyerahan daftar inventarisasi masalah (DIM) RUU Cipta Kerja dari masing-masing fraksi. Namun, penyerahan DIM dari fraksi masih dapat menyusul setelah mendengarkan masukan dari masyarakat berdasarkan cluster yang bakal dibahas.

 

“Baleg mengagendakan mengundang pihak-pihak yang sudah mengirim surat ke Baleg untuk audiensi atau nanti ada usulan dari fraksi masing-masing untuk mendengarkan pihak-pihak terkait yang berkepentingan tentang RUU Cipta Kerja ini,” ujarnya.

 

Keempat, menugaskan para tenaga ahli Baleg dan Badan Keahlian (BK) DPR membuat sandingan norma-norma dalam RUU Cipta Kerja dengan sejumlah UU yang terdampak. Dia menegaskan pembahasan draf RUU Cipta Kerja dilakukan bersama pemerintah setelah mendengarkan dan menerima semua masukan dari para stakeholder.

 

“Baleg menjamin sepenuhnya untuk terlebih dahulu mendengarkan semua stakeholder dan semua pemangku kepentinngan sebelum pembahasan DIM dari 11 cluster dalam RUU Cipta Kerja.”

Halaman Selanjutnya
Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua