Hukumonline's NeXGen Lawyers 2020

Perjalanan Karier Sheni, Contoh untuk Generasi Lawyer Muda

Dengan kemampuan menangani tuntutan pekerjaan dan klien, Sheni mampu membuat klien merasa nyaman untuk kembali memberikan penugasan baru.
Oleh:
CT-CAT
Bacaan 2 Menit
Sheni Adriana Sapija, Senior Associate di Nasoetion & Atyanto. Foto: istimewa.
Sheni Adriana Sapija, Senior Associate di Nasoetion & Atyanto. Foto: istimewa.

Sheni Adriana Sapija—akrab disapa Sheni—adalah seorang Senior Associate di Nasoetion & Atyanto. Telah memperoleh gelar Sarjana Hukum dari Universitas Padjadjaran di usia 21 tahun, Sheni mulai bergabung dengan Nasoetion & Atyanto sejak Januari 2016. Namun, sebelum bergabung dengan Nasoetion & Atyanto, Sheni telah bekerja di beberapa kantor hukum di Jakarta.

 

Adapun kantor hukum terakhirnya, memiliki kekhususan di bidang energi. Di kantor tersebut, Sheni memiliki pengalaman terlibat dalam transaksi-transaksi penting di bidang minyak dan gas bumi, seperti pembuatan dan negosiasi perjanjian unitisasi serta mengkaji ketentuan dalam perjanjian induk terkait dengan pembiayaan proyek fasilitas pengelolaan lepas pantai. Dari pengalamannya inilah Sheni mulai meminati dan menekuni bidang hukum perminyakan dan gas bumi. 

 

Dalam perjalanan karier berikutnya, Sheni bergabung dengan PT Cougar Drilling Solutions Indonesia (Cougar) yang merupakan anak dari suatu perusahaan di Kanada yang bergerak di bidang directional drilling untuk industri minyak dan gas bumi dengan jabatan sebagai Corporate Legal Asia Pacific. Selama berkarier di Cougar dirinya semakin bersentuhan langsung dengan dunia perminyakan dan gas bumi yang dengan sendirinya mengasah keahlian dan pengetahuannya dalam bidang tersebut.

 

Setelah kurang lebih dua bulan bekerja di Cougar, Sheni diminta untuk mengemban tanggung jawab lebih besar dengan menangani wilayah eastern hemisphere. Hal ini menunjukkan adanya pengakuan dari perusahaan atas kinerjanya selama kurun waktu tersebut di Cougar. Selama bekerja di Cougar Sheni menangani berbagai permasalahan hukum baik di bidang minyak dan gas bumi maupun general corporate yang mempunyai lingkup internasional.

 

Barulah, di awal 2016, Sheni mulai bergabung dengan Nasoetion & Atyanto sebagai Associate dan memperoleh kesempatan untuk bekerja langsung dengan kedua Partner yaitu Nadia Nasoetion dan Genio Atyanto. Ia sendiri dipercaya untuk mengembangkan divisi hukum perminyakan dan gas bumi. Dalam perjalanannya Sheni juga dipercaya untuk menjadi team leader dalam transaksi-transaksi perbankan, keuangan dan pasar modal.

 

Selama bekerja dengan Nadia Nasoetion, di samping menangani transaksi-transaksi terkait dengan bidang perminyakan dan gas bumi, Sheni banyak terlibat dengan transaksi-transaksi pembiayaan proyek, antara lain membantu pembuatan dan negosiasi perjanjian-perjanjian pinjaman dari berbagai kreditur lembaga keuangan asing untuk pembiayaan proyek.

 

Pada kesempatan lain, Sheni banyak pula membantu Genio Atyanto dalam menangani transaksi-transaksi pasar modal dan transaksi yang melibatkan lembaga keuangan baik bank maupun nonbank termasuk juga usaha peer to peer lending. Sheni telah terlibat dalam berbagai transaksi penawaran umum saham perdana, peningkatan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu maupun penerbitan obligasi oleh perusahaan terbuka.

Halaman Selanjutnya:
Berita Terkait