Jumat, 01 May 2020

Glossary Hukum Covid-19, Memudahkan Anda Memahami Pandemi

Ribuan kata beserta definisinya terdapat dalam platform ini dan siap menemani Anda memahami persoalan Covid-19 yang disusun secara alphabetical.
RED
Ilustrasi

Dua pekan sudah Hukumonline meluncurkan platform covid19.hukumonline.com. Platform yang menyajikan segala informasi hukum serta referensi terkait dengan Corona Virus Disease (Covid-19) di Indonesia kini substansinya terus berkembang. Salah satunya, para pembaca dapat menikmati daftar kata (Glossary) hukum Covid-19 hingga opini yang berkaitan dengan isu Covid-19.

 

Glossary yang dapat dinikmati para pembaca bertujuan untuk mempermudah masyarakat menemukan definisi sekaligus dasar hukum kata-kata yang sedang “trending” di situasi merebaknya pandemi Covid-19 ini. Total terdapat 1127 glossary yang bisa dilihat sekaligus definisinya. (Baca juga: Hukumonline Luncurkan Platform Hukum Covid-19, Ini Isinya!)

 

Seluruh glossary tersebut diambil dari peraturan perundang-undangan baik yang diterbitkan pemerintah pusat hingga daerah dan berkaitan dengan Covid-19. Penyajian glossary dilakukan dalam bentuk seperti kamus di mana ada kata dan definisi serta peraturan perundang-undangan asal kata tersebut diambil.

 

Glossary diurutkan secara alphabetical sehingga semakin memudahkan masyarakat dalam mengakses dengan mesin pencari yang canggih. Misalnya, kata “Corona Virus Disease 2019/Covid-19 yang berarti (1) penyakit menular yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome-Corona Virus-2 (Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 20 Tahun 2020); (2) Coronavirus desease, penyakit menular yang disebabkan oleh coronavirus yang ditemukan pada tahun 2019 (Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020).

 

Selain glossary, covid19.hukumonline.com juga memiliki menu baru yakni Opini Hukum. Menu ini merupakan daftar beragam artikel yang ditulis oleh pembaca Hukumonline baik akademisi hingga praktisi hukum berkaitan dengan isu Covid-19 dan terbit di Kolom Hukumonline.

 

Dua menu baru ini merupakan hasil perkembangan terhadap platform covid19.hukumonline.com. “Semoga seluruh informasi ini dapat bermanfaat kepada pembaca Hukumonline khususnya, dan masyarakat Indonesia umumnya yang ingin mengetahui lebih jelas mengenai soal hukum terkait Covid-19,” kata Direktur Konten dan Pemberitaan Hukumonline, Amrie Hakim.

 

Menurut Amrie, platform covid19.hukumonline.com ini merupakan bentuk kepedulian Hukumonline kepada masyarakat dan komunitas hukum yang haus dengan informasi dan referensi hukum. Seluruh informasi disajikan secara aktual dan dapat dengan mudah diakses.

Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua