Senin, 11 Mei 2020

Kemenkop UKM Gandeng Hukumonline Beri Konsultasi Gratis UMKM Terdampak Covid-19

Masalah hukum yang biasa dihadapi UMKM adalah tenaga kerja, kredit macet, dan pembatalan kontrak.
Moch. Dani Pratama Huzaini
Kemenkop UKM bekerja sama dengan Hukumonline Group dalam menyediakan layanan konsultasi hukum gratis bagi pelaku koperasi dan UMKM. Foto: RES

Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) bekerja sama dengan Hukumonline Group dalam menyediakan layanan konsultasi hukum gratis bagi pelaku koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini sebagai upaya untuk menjawab kebutuhan UMKM di bidang hukum yang usahanya terdampak pandemi Covid-19.

 

Konsultasi hukum gratis ini diselenggarakan melalui platform digital yang disediakan oleh Justika.com yang merupakan anak perusahaan Hukumonline. Melalui sarana ini, UMKM dan Koperasi diharapkan dapat menemukan jalan keluar permasalahan hukum yang banyak dihadapi selama masa pandemi. 

 

Direktur Hukumonline Amrie Hakim menyebutkan selama pandemi Covid-19 berlangsung, terdapat sejumlah persoalan hukum yang spesifik melanda sektor UMKM dan Koperasi. “Masalah yang dihadapi UMKM adalah tenaga kerja, kredit macet, dan pembatalan kontrak,” ujar Amrie dalam penandatangan Perjanjian Kerja Sama yang disiarkan secara online, Senin (11/5).

 

Ketiga permasalahan ini merupakan permasalah hukum yang dihadapi oleh UMKM dan Koperasi sebagai dampak langsung dari aktivitas usaha yang dijalani oleh UMKM dan Koperasi. Untuk menghindari kesulitan UMKM dan Koperasi dalam mengakses layanan hukum, platform konsultasi hukum gratis ini menjadi tepat sebagai rujukan. 

 

Saat ini telah tersedia 97 orang advokat yang memiliki kepedulian terhadap sektor UMKM dan Koperasi yang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan di platform tersebut. “Program ini sejalan dengan komitmen Hukumonline untuk mendorong kegiatan probono advokat,” tambah Amrie.

 








Mau Chat Gratis dengan Pengacara? Silakan Klik di Sini.


 

Amrie berharap konsultasi gratis yang disediakan Justika.com dapat meringankan beban koperasi dan UMKM yang bisnisnya terdampak persoalan hukum akibat pandemi Covid-19. “Antara lain untuk mengetahui hak-hak mereka saat mengadapi masalah ke tenaga kerjaan, hutang piutang, kontrak bisnis, dan sebagainya,” ujar Amrie.

 

Hukumonline sendiri akan menyediakan informasi hukum yang dapat diakses secara gratis melalui situsnya, sedangkan Justika.com menyediakan konsultasi hukum gratis melalui platform digital yang diberikan para advokat terpilih yang menjadi mitra Justika.com.  

Halaman Selanjutnya
Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua