Rabu, 03 Juni 2020

Cerita Advokat Layani Konsultasi Hukum Gratis di Masa Pandemi

Problem hukum spesifik yang dihadapi oleh koperasi dan UKM coba dijawab dengan kehadiran sejumlah advokat yang tergabung dalam mitra Justika.com.
Moch. Dani Pratama Huzaini
Co-Founder Hukumonline, Ahmad Fikri Assegaf. Foto: RES

Anak perusahaan hukumonline, Justika.com menjalin kerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) untuk memberikan layanan konsultasi hukum secara gratis melalui platform chat yang disediakan Justika.com. Hal ini untuk menjawab kebutuhan di bidang hukum dari sektor usaha koperasi dan UKM. 

Selama pandemi Covid-19, kebutuhan sektor usaha ini terhadap layanan hukum menjadi lebih tinggi. Dampak pandemi terhadap koperasi dan UKM terlihat dari sejumlah persoalan seperti problem ketenagakerjaan, gagal bayar, maupun terkait pelaksanaan perjanjian. 

Problem hukum spesifik yang dihadapi oleh koperasi dan UKM ini, coba dijawab dengan kehadiran sejumlah advokat yang tergabung dalam mitra Justika.com. (Baca: Kemenkop UKM Gandeng Hukumonline Beri Konsultasi Gratis UMKM Terdampak Covid-19)

Co-Founder Hukumonline, Ahmad Fikri Assegaf mengatakan sejak ditandatangani kesepakatan kerjasama, saat ini telah lebih dari 200 pertanyaan konsultasi yang masuk melalui platform chat yang disediakan Justika.com.

“Kebanyakan pertanyaan 38 persen dari Jakarta, 10 persen dari Bandung, 9 persen Surabaya, 8 persen Medan, sisanya kota lain,” ujar Fikri yang juga pendiri kantor hukum Assegaf, Hamzah & Partners (AHP) dalam Lawyer Meeting antara perwakilan Kementerian Koperadi dan UKM, dengan sejumlah advokat, Jumat (29/5).

Menurut Fikri, hal ini menunjukan respons positif dari sektor pelaku usaha koperasi dan UKM. Ke depan diharapkan jumlah ini terus bertambah agar lebih banyak pihak yang ikut merasakan manfaat dari program yang diberi nama Advokat Pahlawan Covid ini. 

Fikri sendiri ikut terlibat dalam layanan konsultasi gratis ini. Ia menuturkan bagaimana ketika dirinya melayani tanya jawab pelaku usaha UKM yang hendak membuat perjanjian kerja sama antara para pendiri (share holder agreement) UKM.

Halaman Selanjutnya
Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua