Jumat, 05 Juni 2020

Jamaah Batal Berangkat, Ini Penjelasan BPKH Terkait Dana Haji

Ada dua pilihan bagi Jemaah, tetap menempatkan dana haji di BPKH atau mengambil pengembalian dana setoran lunas jika memang dibutuhkan.
Fitri Novia Heriani
Ilustrasi: BAS

Penyebaran virus Corona atau Covid-19 berdampak kepada jamaah haji yang dipastikan gagal berangkat pada tahun ini. Menurut Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag), Nizar Ali, pemerintah memiliki dua alasan kuat dibalik pembatalan ibadah haji tersebut, yakni dengan mempertimbangkan risiko keselamatan dan risiko ibadah.

Dari sisi risiko keselamatan, pemerintah mempertimbangkan Kapasitas Asrama Haji yang tidak mencukupi untuk penerapan protokol penangan Covid-19. Kemudian seleksi ketat terhadap jemaah dan petugas mempengaruhi banyak hal, risiko keselamatan makin tinggi ketika berada di Saudi dan bercampur dengan orang-orang dari berbagai negara lain, serta masa berhaji lebih lama karena ada waktu karantina sehingga berisiko menurunkan daya tahan tubuh Jemaah.

Sementara dari sisi ibadah, ada pertimbangan risiko saat pembatasan di Haram dan Nabawi yang dapat menggangggu ritme ibadah, sementara jemaah Indonesia suka mengejar afdhaliyah. Bahkan penerapan physical distancing di Armuzna sulit dilakukan, terutama dengan karakter jemaah yang guyub, serta safari wukuf memerlukan penyiapan lebih kompleks dan fasilitas lebih lengkap.

Nizar menyampaikan, wacana pembatalan keberangkatan Jemaah haji ini sudah dibahas oleh pemerintah sejak Maret lalu. Apalagi hingga saat ini, pemerintah Arab Saudi belum mengkonfirmasi apakah ibadah haji tetap dilaksanakan tahun ini di tengah penyebaran virus Corona di Arab Saudi.

“Untuk menuju pembatalan, sudah dibahas sejak Maret. Pemerintah sudah membentuk krisis center untuk antisipasi ketika wabah Corona muncul,” kata Nizar dalam sebuah webinar, Jumat (5/6).

Jika pemerintah membatalkan keberangkatan haji tahun ini, bagaimana nasib 221.000 jemaah haji? Dan bagaimana dengan pengelolaan dana haji yang sudah disetorkan oleh Jemaah? (Baca: Menag Keluarkan Keputusan Pembatalan Kebarangkatan Jemaah Haji)

Kepala Badan Pelaksana Badang Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Anggito Abimanyu, menyampaikan bahwa seluruh pengelolaan dana haji akan dikembalikan manfaatnya kepada jemaah haji. Seluruh Jemaah haji, baik itu yang akan berangkat, dalam masa tunggu, maupun alumni berhak mendapatkan manfaat dari dana haji.

Halaman Selanjutnya
Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua