Senin, 22 June 2020

Pendirian PT Direkomendasikan untuk Perusahaan Rintisan

Mempertimbangkan beberapa aspek, salah satunya dari sisi modal dan kekayaan yang dipisahkan.
Fitri Novia Heriani
Ilustrasi: BAS

Bagi pelaku usaha muda milenial yang ingin menjadi entrepreneur, ada baiknya memahami terlebih dahulu jenis badan usaha yang ada di Indonesia. Jangan sampai salah memilih karena akan berdampak kepada keberlangsungan usaha yang akan dirintis.

Associate pada Tumbuan and Partners, Dimas Noor Ibrahim menyampaikan bahwa di Indonesia dikenal tiga jenis badan usaha, yakni Perseroan Terbatas (PT), Firma, dan Persekutuan Komanditer (CV). Namun dari tiga jenis badan usaha ini, Dimas menyebut bahwa PT lebih diminati dan direkomendasikan untuk pendirian perusahaan rintisan atau Start Up.

Apa yang berbeda dari tiga jenis badan usaha ini? Untuk PT, pendirian dilakukan oleh dua atau lebih pemegang saham, pengurusan dilakukan oleh direksi, dan terdapat pemisahan harta pribadi dan PT. Sedangkan Firma pendirian dilakukan oleh dua atau lebih sekutu, pengurusan dilakukan oleh para sekutu, dan tidak terdapat pemisahan harta pribadi dan Firma.

Untuk CV, pendirian dilakukan oleh sekutu pasif dan sekutu aktif, pengurusan dilakukan oleh sekutu aktif, dan tidak terdapat pemisahan harta pribadi dan CV (kecuali Sekutu Pasif hanya bertanggung jawab sebesar modal yang diberikan).

“Setidaknya ada dua alasan mengapa PT menjadi pilihan terbaik di antara dua jenis badan usaha lainnya. Pertama, adanya pemisahan harta kekayaan antara PT dan pemegang saham, dan tanggung jawab sebatas modal yang ditempatkan,” katanya dalam sebuah webinar, Jumat (19/6).

Dimas juga menyebutkan kelebihan lain badan usaha berbentuk PT yakni besaran nilai modal dasar ditentukan oleh para pemegang saham, struktur PT yang terorganisasi dan transparan, dan pengambilan keputusan dilakukan oleh Direksi dan RUPS sesuai dengan kewenangannya.

Selain itu, pada jenis badan usaha PT tidak terdapat pembatasan bidang usaha dan dapat dimasuki oleh investor asing sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sementara untuk Firma dan CV, dua hal ini tidak berlaku karena keduanya terdapat pembatasan bidang usaha dan tidak bisa dimasuki oleh investor asing.

Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua