Dahman Sinaga: Munas Peradi-RBA Bersistem OMOV Paling Ideal
Berita

Dahman Sinaga: Munas Peradi-RBA Bersistem OMOV Paling Ideal

Jika ingin Peradi solid, Munas Bersama, kepengurusan DPN Peradi dengan sistem OMOV yang dilaksanakan bersama DPN dan/atau bantuan lembaga independen adalah sebuah solusi nyata.

Oleh:
CT-CAT
Bacaan 2 Menit
Dahman Sinaga, S.H., Pengurus PERADI RBA Bandung & Ketua Advokat Millenial Bandung. Foto: istimewa.
Dahman Sinaga, S.H., Pengurus PERADI RBA Bandung & Ketua Advokat Millenial Bandung. Foto: istimewa.

*Opini ditulis oleh Dahman Sinaga, S.H., Pengurus PERADI RBA Bandung & Ketua Advokat Millenial Bandung.

 

Terilhami dari pemikiran dan pendapat Dr. Musa Darwin Pane, S.H., selaku Ketua Peradi-RBA Bandung tentang Munas Peradi-RBA yang terbit sebelumnya, penting pula advokat muda ‘milenial’ mengemukakan pendapatnya.

 

Bagi saya, metode Musyawarah Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (Munas Peradi) sebelum perpecahan, di mana hak suara hanya diserahkan kepada utusan-utusan DPC mewakili pengurus dan anggota advokat—tidak cukup representatif untuk mengakomodasi hak kebebasan memilih dan berpendapat. Apalagi, mengingat pengurus DPC biasanya adalah orang yang dianggap sudah senior di profesi advokat, utusan didominasi oleh para advokat senior. Jadi, dalam pengamatan saya, sedikit sekali ruang bagi advokat muda untuk mengemukakan gagasannya di arena munas.

 

Oleh karena itu, saya berpandangan penyelenggaraan munas dengan sistem one man one vote (OMOV) berbasis teknologi adalah cara yang paling ideal di era milenial. Pasalnya, metode tersebut mengakomodasi hak setiap advokat, di mana setiap advokat dipandang memiliki hak yang sama untuk memilih dan berpendapat; tidak diukur dari seberapa lama dan seberapa seniornya advokat. Menurut saya, sudah tepat dan ideal Peradi-RBA menyelengarakan Munas III bersistem OMOV dengan tema ‘demokrasi, modern, dan milenial’. Dikatakan demikian, karena  OMOV memungkinkan transparansi yang penting dalam proses demokrasi.

 

Seluruh advokat dapat memilih ketua umum secara langsung melalui sistem elektronik berbasis aplikasi online berupa e-voting atau media sosial yang waktunya relatif singkat. Jadi, tidak perlu berkumpul, mau menerima ide atau pendapat, dan menyambut baik perubahan.  E-voting juga memungkinkan pemilihan dapat dilakukan dengan efisien, hemat biaya, serta melibatkan partisipasi penuh setiap anggota Peradi dalam menggunakan hak pilihnya. E-voting seperti ini pernah dilaksanakan dan menghasilkan Ketua Umum DPN Peradi-RBA Luhut MP Pangaribuan (2015) dengan beberapa perubahan Anggaran Dasar Peradi-RBA.

 

Musim berganti, zaman berubah dan selalu datang era baru. Banyak orang sering menyebut era yang lalu dengan istilah ‘kolonial’, sedangkan di masa kini: ‘era milenial’. Di era milenial, setiap sendi kehidupan—tidak terkecuali profesi advokat dipengaruhi oleh teknologi informasi (era digitalisasi). Maka, dalam kondisi ini, sudah selayaknya setiap aspek kehidupan manusia mengikuti arah perkembangan zaman, tidak terkecuali dalam konteks organisasi advokat. 

 

Peradi-RBA adalah organisasi advokat yang dalam menjalankan roda organisasinya telah mengikuti arah perkembangan zaman. Hal itu tercermin dalam konsep OMOV yang digagas dan telah dilaksanakan oleh Peradi-RBA.

Tags:

Berita Terkait