Ini Arahan Presiden Soal Pelaksanaan Pilkada Serentak di Masa Pandemi
Utama

Ini Arahan Presiden Soal Pelaksanaan Pilkada Serentak di Masa Pandemi

Dua hal yang menjadi tekanan utama bahwa Pilkada 2020 ini harus semakin berkualitas dan juga aman Covid-19.

Oleh:
Moch. Dani Pratama Huzaini
Bacaan 2 Menit
Presiden Joko Widodo. Foto: RES
Presiden Joko Widodo. Foto: RES

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin Rapat Terbatas (Ratas) yang berlangsung di Istana Merdeka, mengenai Persiapan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang rencana akan diselenggarakan 9 Desember 2020 memberikan beberapa arahan.

Pertama, Penyelenggaraan Pilkada yang diselenggarakan di tengah situasi pandemi diharapkan tetap berjalan sesuai asas demokratis, langsung umum bebas dan rahasia (luber), jujur dan adil (jurdil). Meski begitu Jokowi menekankan hal yang paling penting menyangkut situasi pandemi adalah pelaksanaan Pilkada tetap aman dari Covid-19.

”Sehingga ada dua hal yang menjadi tekanan utama bahwa Pilkada 2020 ini harus semakin berkualitas dan juga aman Covid-19 sehingga aspek kesehatan, aspek keselamatan petugas, peserta dan juga tentu saja pemilih harus menjadi prioritas,” tutur Jokowi, Rabu (5/8) sebagimana dikutip dari laman Sekertaris Kabinet.

Menurut Jokowi, penerapan protokol kesehatan harus betul-betul menjadi sebuah kebiasaan baru dalam setiap tahapan Pilkada, sehingga nantinya tidak menimbulkan klaster baru atau gelombang baru dari Covid-19 yang kontraproduktif terhadap upaya menekan angka penyebaran Covid-19. (Baca Juga: Jaminan Keselamatan Publik Masih Jadi Pertanyaan dalam Pelaksanaan Pilkada Serentak)

Kedua, Jokowi menyampaikan bahwa beberapa negara juga telah menyelenggarakan pemilu di masa pandemi ini, baik pemilu lokal maupun pemilu nasional seperti di Singapura, Jerman, Perancis, dan Korea Selatan. Namun, untuk sampai pada keberhasilan pelaksanaan Pilkada, Jokowi mengingatkan agar penyelenggara bisa meyakinkan pemilih bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan juga Pemerintah sangat concern terhadap kesehatan serta keselamatan pemilih dari Covid-19.

”Sehingga dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat akan memberikan rasa aman dan yang kita harapkan tingkat partisipasi pemilih tetap pada kondisi yang baik,” ungkap Jokowi.

Ketiga, Jokowi menegaskan bahwa Pilkada serentak kali ini merupakan momentum untuk menampilkan pilkada dengan cara dan inovasi baru dalam berdemokrasi di masa pandemi. Baik itu dari sisi penyelenggara maupun dari sisi peserta.

Tags:

Berita Terkait