Jumat, 07 Agustus 2020

E-Court dan Gugatan Sederhana Award, BKPM: Ini Iklim Positif di Pengadilan

​​​​​​​Dipercaya mendorong pemeringkatan kemudahan berusaha dari segi enforcing contract dengan penyelesaian perkara secara cepat.
Aji Prasetyo
Ilustrasi

Mahkamah Agung (MA) bersama Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Hukumonline berkolaborasi untuk memberikan penghargaan pemanfaatan Layanan prosedur pengadilan elektronik (E-Court) dan Gugatan Sederhana (GS) kepada pengadilan, advokat dan organisasi advokat.

Direktur Deregulasi Penanaman Modal BKPM Yuliot menilai, pemberian apresiasi E-Court dan GS kepada pengadilan dan pengguna merupakan salah satu bentuk mendorong parameter enforcing contract dalam kemudahan berusaha Ease of Doing Business (EODB) Survey di Indonesia. Baginya, pemberian apresiasi ini bisa menularkan efek positif bagi pengadilan dan pengguna E-Court dan GS lainnya.

“Bagi pengadilan proses cepat ini sangat membantu, kita melihat ada iklim yang positif di pengadilan. Ini ada yang sudah diselesaikan ada yang sudah kita dorong, ini praktik yang baik, akan menjadi contoh pengadilan yang lain,” kata Yuliot.

Apalagi, lanjut Yuliot, percepatan penyelesaian perkara dalam peradilan sederhana bisa mendorong efisiensi dan memberikan kepastian hukum di Indonesia. Ia mengapresiasi langkah dan kebijakan yang telah diterbitkan MA dalam mendorong enforcing contract dan kemudahan berusaha di Indonesia.

“Kalau skala kecil menengah bisa diselesaikan dengan cepat, mereka akan melakukan investasi tidak akan ragu, ini kan persepsinya peradilan di Indonesia ini proses jadi cepat, itu jadi salah satu bagian membangun persepsi,” katanya.

Yuliot berharap, pemberian apresiasi E-Court dan GS award kepada pengadilan dan pengguna dapat dilakukan tiap tahun. Hal ini semata-mata untuk memberikan persepsi bagi pengadilan, advokat maupun organisasi advokat bahwa penyelesaian sengketa bisnis melalui E-Court maupun peradilan sederhana turut mendukung kemudahan berusaha di Indonesia.

“Karena survei yang dilakukan terkait pemeringkatan, sudah dilakukan dalam indikator, seharusnya kita melakukan setiap tahun,” kata Yuliot. (Baca: Naikkan Peringkat EODB, MA Akan Berikan Apresiasi ke Pengadilan dan Advokat Pengguna E-Court dan GS)

Halaman Selanjutnya
Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua