Senin, 10 Agustus 2020

Mengais Rezeki “HUT RI” Kala Pandemi

​​​​​​​Jika dibandingkan dengan tahun lalu, penjualan bendera dan atribut Merah Putih tahun ini merosot jauh.
Resa Esnir
Foto: RES

Setiap tanggal 17 Agustus, Indonesia menyelenggarakan peringatan Hari Kemerdekaan. Biasanya, tiap lingkungan, instansi maupun daerah dipenuhi bendera Merah Putih atau ornamen merah putih lainnya untunk menyemarakkan HUT Republik Indonesia.

Namun, ada yang berbeda pada perayaan 75 tahun kemerdekaan Indonesia kali ini. Perayaan kali ini harus dibayangi oleh pandemi Covid-19 yang masih mewabah. Pandemi juga berdampak pada penjualan bendera dan ornamen merah putih yang dijajakkan para penjual. Para pedagang musiman ini harus putar otak agar geliat usaha mereka bisa berjalan di tengah pandemi yang menerpa.

Salah satunya terlihat dari atribut kemerdekaan RI yang berjajar di lapak para pedagang di sepanjang jalan di berbagai tempat di Jakarta. Warna merah-putih tampak menghiasi sepanjang jalan Asemka, kawasan Pasar Jati Negara dan jalan Raya pasar minggu.

Berbagai ornamen atau atribut yang dijual di antaranya bendera ukuran kecil, sedang hingga besar, stiker, logo, balon terompet, topi, umbul-umbul, slinger, lampion merah putih dan masker dengan corak merah putih serta burung garuda.

Ibrahim, penjual atribut Kemerdekaan RI mengaku dalam sepekan ini jualannya sepi pembeli. Jika dirata-rata per harinya hanya dua sampai tiga pembeli. “Enak dulu dari pada sekarang. Sekarang kita jualan belum sampai balek bondo (balik modal),” ujar laki-laki berusia 48 tahun ini.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, lanjut Ibrahim, maka penjualan tahun ini merosot jauh. “Mungkin karena corona ini, sepi jualan kami. Tahun lalu banyak diborong sama orang soalnya,” lirihnya dengan nada suara yang lesu.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio melakukan sosialisasi tradisi baru penghormatan penaikan bendera Merah Putih. Ia berharap, seluruh masyarakat Indonesia dapat berdiri tegap dengan sikap sempurna dan ikut menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serentak saat mendengar sirina, dentuman Meriam dan sirine Panjang di Istana Negara pada 17 Agustus 2020 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua