Senin, 24 August 2020

Potret Gedung Kejaksaan Agung Usai Dilalap Api

​​​​​​​Ganasnya api yang melahap Gedung tak hanya menghanguskan ketiga lantai itu, tapi juga hampir ke seluruh lantai gedung lainnya.
Resa Esnir
Foto: RES

Selama 11 jam, petugas pemadam kebakaran bekerja keras memadamkan api yang berkobar di gedung utama Kejaksaan Agung di Jakarta, sejak Sabtu (22/8) malam hingga Minggu (23/8) pagi.

Pasca padam, terlihat jelas porak porandanya Gedung Korps Adhyaksa tersebut akibar amuknya si jago merah. Api yang melahap lantai 4, 5 dan 6 tersebut berhasil dipadamkan pukul 06.28 WIB.

Ganasnya api yang melahap bangunan tak hanya menghanguskan ketiga lantai itu, tapi juga hampir ke seluruh lantai gedung lainnya hingga pepohonan yang berada di sekitar gedung.

Pengerahan 65 unit mobil pemadam kebakaran sejak Sabtu malam semakin membuat suasana di sekitar gedung semakin mencekam. Usai padam, suasana berubah dramatis.

Struktur bangunan yang hangus terbakar hingga barang yang gosong serta warna hitam menghiasi Gedung yang masuk dalam warisan cagar budaya atau heritage itu.

Sisa titik api pun akhirnya dipadamkan para petugas kebakaran. Tak hanya 65 unit mobil kebakaran, kendaraan taktis pendukungnya hingga dua unit mobil Brontho Sky Lift untuk memadamkan gedung bersejarah tersebut juga dikerahkan.

Kondisi gedung yang hangus terbakar dan menyisakan struktur bangunan seperti gedung lama tersebut, disebabkan api terus merambat akibat hembusan api di malam hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua