Penyidik KPK Meninggal Setelah Dinyatakan Sembuh dari Covid-19
Berita

Penyidik KPK Meninggal Setelah Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

​​​​​​​Almarhum Kompol Pandu Hendra Sasmita pernah menangani berbagai perkara korupsi seperti DPRD Sumut dan Lampung Utara.

Oleh:
Aji Prasetyo
Bacaan 3 Menit
Gedung KPK. Foto: RES
Gedung KPK. Foto: RES

Kabar duka datang dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Salah satu penyidik terbaiknya yaitu Pandu Hendra Sasmita meninggal dunia karena sakit. Sebelumnya Pandu diketahui sempat terpapar Coronavirus Disease 2019 (Covid 19) beberapa waktu lalu, namun ia dinyatakan sembuh dan terbebas dari virus tersebut.

Belum diketahui apa sebenarnya sakit yang diderita Pandu. “KPK berduka sedalam dalamnya atas wafatnya salah satu penyidik terbaiknya Minggu, 13 September 2020 jam 15.03 wib atasnama Kompol Pandu Hendra Sasmita, SIK yang wafat akibat sakit. Sebelumnya Almarhum sempat di rawat di RS Polri karena terpapar covid 19 namun sudah dinyatakan non Covid 19,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Minggu (13/9).

Informasi yang diperoleh Hukumonline, Pandu merupakan salah satu penyidik yang berasal dari institusi Kepolisian yang sempat bertugas di Bareskrim Polri. Ia adalah alumni Akademi Kepolisian Angkatan 2006. Jauh sebelumnya ia pernah bertugas di Polres Tebing Tinggi, Sumatera Utara sebagai Kasat Narkoba. Namanya saat menjabat posisi tersebut juga tertera di Putusan PN TEBING TINGGI Nomor 220/Pid.B/2013/PN.TTDseperti dilansir dari laman resmi MA.

Kemudian beberapa perkara yang pernah ditanganinya yaitu perkara dugaan korupsi Lampung Utara, DPRD Sumatera Utara serta kasus dugaan rasuah yang berkaitan dengan perusahaan BUMN. Pandu sendiri bertugas di KPK setelah mengikuti proses seleksi yang diadakan pada 2018 lalu bersama dengan 154 anggota kepolisian lainnya.

“Semoga seluruh amal baiknya diterima Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran,” kata Ali Fikri. (Baca: Novel Baswedan dan Para Penegak Hukum yang Terpapar Covid-19)

Ali juga menyampaikan informasi terkait perkembangan hasil swab di lingkungan KPK dengan konfirmasi positif sebanyak 69 orang, sembuh 31 orang dan yang menjalani isolasi mandiri sebanyak 38 orang. Selain itu pihaknya juga masih menunggu hasil test swab terhadap pegawai dan pihak terkait di lingkungan KPK yang telah dilakukan sejak Senin sampai Jumat , 7 s.d 11 September 2020 dengan jumlah peserta 1.901 orang.

“Dalam rangka untuk terus berupaya menghentikan penyebaran virus Covid 19, hari ini Minggu (13/9/2020) KPK kembali melakukan penyemprotan disinfektan di 3 area lokasi yaitu Gedung KPK Kuningan C1,Gedung KPK Merah Putih K4 dan Rutan Guntur Pomdam Jaya,” kata Ali.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait