Rabu, 16 September 2020

Seleksi Kualitas Luluskan 30 Calon Hakim MA, KY Tekankan Faktor Integritas

30 calon yang lulus seleksi kualitas berhak mengikuti Tahap III yaitu seleksi kesehatan dan kepribadian pada minggu ketiga bulan Oktober 2020.
Aida Mardatillah
Komisioner KY Bidang Rekrutmen Hakim Aidul Fitriciada Azhari saat mengumumkan seleksi calon hakim agung dan ad hoc pada MA tahun 2020 secara daring. Foto: Humas KY

Komisi Yudisial (KY) telah mengumumkan sebanyak 30 orang calon hakim agung dan hakim ad hoc di Mahkamah Agung (MA) Tahun 2020 yang lulus seleksi kualitas. Penetapan kelulusan seleksi kualitas ini berdasarkan Rapat Pleno Anggota KY pada Senin, 14 September 2020 di Ruang Rapat Pimpinan KY, Jakarta. 

Para calon hakim tingkat MA itu terdiri dari 4 orang calon hakim agung Tata Usaha Negara khusus pajak; 16 orang calon hakim ad hoc Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di MA; dan 10 calon hakim ad hoc Hubungan Industrial di MA.

“Mereka telah menjalani seleksi kualitas secara daring untuk mengukur dan menilai tingkat kapasitas keilmuan dan keahlian calon berdasarkan standar kompetensi yang telah ditetapkan KY bersama dengan MA,” ujar Ketua Bidang Rekrutmen Hakim KY Aidul Fitriciada Azhari dalam keterangannya, Selasa (15/9/2020). (Baca Juga: 6 CHA Pajak dan 111 Ad Hoc MA Bakal Jalani Seleksi Kualitas)

Adapun 4 calon hakim agung Tata Usaha Negara khusus pajak, semuanya berjenis kelamin lelaki dan berlatar belakang doktor. Mereka berprofesi hakim dan akademisi. Berikut empat calon hakim agung yang lulus seleksi kualitas:






























No.



Nama



Jabatan



1.



Prof. Dr. Budiman Ginting, S.H., M.Hum



Dekan Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara



2.



Dr. Lauddin Marsuni, S.H., M.H.



Dosen Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia



3.



Dr. Mustamar, S.H., M.H.



Hakim Tinggi Bawas Mahkamah Agung RI



4.



Dr. Triyono Martanto, S.H., S.E., M.Hum.



Hakim pada Pengadilan Pajak


Sementara calon hakim ad hoc Tipikor di MA yang lulus seleksi kualitas sebanyak 16 orang. Rinciannya adalah 12 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Dari segi pendidikan 2 orang sarjana, 10 orang magister, dan 4 orang doktor. Mayoritas berprofesi sebagai hakim dan 1 orang pengacara.

Untuk calon hakim ad hoc Hubungan Industrial di MA sebanyak 10 orang yang lulus seleksi kualitas. Mereka berasal dari unsur Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) sebanyak 4 orang dan serikat pekerja/serikat buruh sebanyak 6 orang.

Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua