Kamis, 17 September 2020

Yuk, Pahami Syarat Pengajuan Banding dan Gugatan dalam Sengketa Pajak

Selama masa pandemi, pengadilan pajak melakukan persidangan tatap muka dengan menetapkan layanan yang disesuaikan dengan protokol kesehatan.
Fitri Novia Heriani
Webinar Hukumonline dan Tax Education and Research Centre (TERC), FEB Universitas Indonesia (UI) dengan tajuk “Tantangan Kebijakan dan Implementasi Penyelesaian Sengketa Perpajakan di Indonesia, Rabu (16/9).

Sengketa pajak adalah sengketa yang timbul antara wajib pajak atau penanggung pajak dengan pejabat yang berwenang sebagai akibat dikeluarkannya keputusan yang dapat diajukan banding atau gugatan kepada pengadilan pajak berdasarkan peraturan perundang-undangan perpajakan. Penyelesaian sengekta pajak ini sendiri dilakukan pada pengadilan khusus yakni Pengadilan Pajak.

Karena kekhususannya, Pengadilan Pajak memiliki karakteristik yang berbeda dengan pengadilan umum atau pengadilan negeri. Dalam sengketa pajak hanya dikenal dengan gugatan, banding, dan peninjauan kembali.

Secara teknis, pengajuan gugatan ataupun banding dalam sengketa pajak juga memiliki perbedaan. Terdapat dua syarat yang berbeda antara gugatan maupun banding, termasuk dari segi objek gugatan atau objek banding.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membawa sengketa ke pengadilan pajak, ada baiknya semua pihak harus memahami langkah-langkah dan syarat untuk mendaftarkan sengketa pajak. Menurut Panitera Pengganti Pengadilan Pajak Anik Andriyani, syarat pengajuan sengketa pajak dibagi atas dua bagian, yakni pengajuan banding dan gugatan.

Pertama, untuk pengajuan banding. Banding diajukan dalam jangka waktu tiga bulan sejak tanggal diterima keputusan yang dibanding, kecuali diatur dalam peraturan perundang-undangan perpajakan. Banding harus diajukan dengan surat banding dalam Bahasa Indonesia ke pengadilan pajak. (Baca Juga: Hakim Ini Minta Pembinaan Pengadilan Pajak ‘Monopoli’ MA)

Kemudian terhadap satu keputusan banding diajukan satu surat badning. Banding diajukan dengan disertai alasan-alasan yang jelas dan dicantumkan tanggal diterima surat keputusan yang dibanding. Dan pada surat banding dilampirkan Salinan keputusan yang dibanding.

Banding dapat diajukan oleh wajib pajak, ahli warisnya, seorang pengurus, atau kuasa hukumnya. Dan perlu diingat bahwa banding hanya dapat diajukan apabila besarnya jumlah pajak yang terutang dimaksud telah dibayar sebesar 50 persen dengan melampirkan Surat Setoran Pajak (SSP) atau Pemindah Bukuan (Pbk).

Halaman Selanjutnya
Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua