Sabtu, 19 September 2020

Uni Eropa-Indonesia Dorong Pembangunan Ekonomi Hijau dan Berkelanjutan

Total proyek kerja sama Uni Eropa-Indonesia yang dikerjakan Indonesia mencapai 400 juta Euro, dan khusus untuk menangani Covid-19 mencapai 200 juta Euro.
Ady Thea DA
Foto: thepalmscribe.id

Kerja sama pembangunan Uni Eropa (EU)-Indonesia yang berjalan lebih dari 40 tahun telah menghasilkan banyak capaian. Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, Vincent Piket mengatakan kerja sama yang dijalin selama ini telah menghasilkan capaian, antara lain mengurangi ketimpangan, merespon perubahan iklim, dan mendukung pembangunan sektor privat.

Vincent menjelaskan kerja sama Uni Eropa-Indonesia telah melahirkan sejumlah proyek senilai 400 juta Euro dan khusus untuk menangani Covid-19 sebesar 200 juta Euro. Dia mengatakan pandemi Covid-19 menjadi ujian yang dihadapi berbagai negara. Setelah pandemi berakhir, kerja sama yang dijalin ke depan harus lebih mengutamakan pembangunan ekonomi hijau dan berkelanjutan.

Uni Eropa juga telah menyiapkan program bantuan untuk menggulirkan program tersebut. “Kerja sama ke depan harus lebih menekankan pembangunan ekonomi hijau dan berkelanjutan karena ancaman semakin nyata seperti krisis iklim,” kata Vincent dalam acara peluncuran “EU-Indonesia Cooperation Publication 2020” secara daring, Kamis (17/9/2020).

Berbagai bentuk kerja sama EU-Indonesia, antara lain di bidang pertumbuhan ekonomi hijau dan lingkungan seperti The ARISE Plus-Indonesia Trade Support Facility, merupakan kerja sama yang fokus mendorong peningkatan performa dan kompetitif Indonesia di bidang perdagangan global (global value chains). Kemudian mempromosikan investasi berkelanjutan di Indonesia dengan dukungan bank pembangunan dari berbagai negara anggota EU.

Proyek SWITCH-Asia, mendukung konsumsi dan produksi berkelanjutan, antara lain di bidang pertanian dan perikanan. Untuk sektor masyarakat sipil dan pemerintahan, bentuk kerja sama yang dihasilkan, salah satunya mendukung organisasi masyarakat sipil dalam mempromosikan HAM, akses terhadap pendidikan, demokrasi, persamaan gender, dan pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Ada juga proyek khusus yang fokus mendorong kapasitas pemerintah daerah, pelaksanaan Sustainable Development Goals (SDGs) di daerah, dan memberdayakan kelompok marjinal. Kerja sama EU-Indonesia juga meliputi sektor kesehatan antara lain EU dan negara anggotanya berkontribusi lebih dari 293 juta Dollar AS untuk memerangi AIDS, TBC, dan malaria pada periode 2020-2022.

Bantu penanganan Covid-19

Tim Eropa juga dibentuk untuk membantu Indonesia menangani pandemi Covid-19 dengan total bantuan lebih dari 200 juta Euro. Bantuan itu ditujukan antara lain untuk membantu menangani dampak pandemi Covid-19 di sektor kesehatan, sosial-ekonomi, dan kesehatan publik.

Halaman Selanjutnya
Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua