Kamis, 24 September 2020

Segera Daftar Ujian Profesi Advokat Gratis di Seluruh Provinsi Indonesia

Pengiriman berkas persyaratan UPA dapat dilakukan melalui email/jasa pengiriman.
CT-CAT
UPA yang diadakan pada tahun 2019. Foto: istimewa.

Ada kabar menarik bagi Anda yang telah lulus dari Fakultas Hukum, Fakultas Syariah, Perguruan Tinggi Hukum Militer, atau Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian. Pasalnya, pada 7 November 2020 akan diselenggarakan Ujian Profesi Advokat (UPA) gratis di seluruh provinsi Indonesia secara online.

 

Provinsi-provinsi tersebut antara lain: 1) Nanggroe Aceh Darussalam - Banda Aceh; 2) Sumatera Utara “ Medan; 3) Sumatera Barat “ Padang; 4) Riau - Pekan Baru; 5) Kepulauan Riau - Tanjung Pinang; 6) Jambi “ Jambi; 7) Bengkulu “ Bengkulu; 8) Sumatera Selatan “ Palembang; 9) Kepulauan Bangka Belitung - Pangkal Pinang; 10) Lampung - Bandar Lampung; 11) Banten “ Serang; 12) DKI Jakarta “ Jakarta; 13) Jawa Barat “ Bandung; 14) Jawa Tengah “ Semarang; 15) Jawa Timur “ Surabaya; 16) D.I. Yogyakarta “ Yogyakarta; 17) Bali “ Denpasar; 18) Nusa Tenggara Barat “ Mataram; 19) Nusa Tenggara Timur “ Kupang; 20) Kalimantan Barat “ Pontianak; 21) Kalimantan Selatan “ Banjarmasin; 22) Kalimantan Tengah “ Palangkaraya; 23) Kalimantan Timur “ Samarinda; 24) Kalimantan Utara - Tanjung Selor; 25) Gorontalo “ Gorontalo; 26) Sulawesi Selatan “ Makassar; 27) Sulawesi Tenggara “ Kendari; 28) Sulawesi Tengah “ Palu; 29) Sulawesi Utara “ Manado; 30) Sulawesi Barat “ Mamuju; 31) Maluku “ Ambon; 32) Maluku Utara “ Sofifi; 33) Papua “ Jayapura; dan 34) Papua Barat “ Manokwari.

 

Sesuai Pasal 1 ayat (1) UU No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat, Anda  harus telah menuntaskan Pendidikan Profesi Advokat. Prosedur mengikuti UPA pun mudah, Anda hanya perlu mendaftarkan diri melalui Whatsapp dengan format: ™nama (spasi) UPA (spasi) kota ke nomor telepon panitia  0822-7450-2612 (Surya); 0838-1772-5497 (Dinda), dan 0878-6798-3964 (Aron).

 

Usai melakukan booking seat, calon advokat yang akan mengikuti ujian dapat mengirimkan berkas syarat-syarat UPA ke alamat sesuai kotanya masing-masing. Berkas untuk syarat mengikuti UPA antara lain, dokumen fisik fotokopi ijazah Sarjana Hukum (SH) yang sudah dilegalisasi; fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP); pas foto 4x6 dan 3x4 berlatar merah sebanyak lima lembar; dan pernah atau sedang mengikuti Pendidikan Profesi Advokat disertai surat pernyataan dari yang bersangkutan.

 

Pengiriman juga dapat dilakukan melalui email ke [email protected] atau jasa pengiriman ke alamat Menara Standard Chartered Lantai 9 Jl. Prof. DR. Satrio No.164, RT.3/RW.4, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930.

 

Jika Anda ingin mendaftar ujian, dapat mengunduh formulir peserta UPA 2020 di sini.

 

Ayo, tunggu apalagi, segera daftar dan raih mimpi Anda untuk menjadi advokat yang profesional dan terhormat (officium nobile)!

 








Artikel ini merupakan kerja sama Hukumonline dengan Perkumpulan Pengacara dan Konsultan Hukum Indonesia (PPKHI).


Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua