Bus Sekolah dan Pasien Corona
Foto Essay

Bus Sekolah dan Pasien Corona

Salah satu tujuan penggunaan bus sekolah untuk memaksimalkan evakuasi para pasien yang ditengarai terjangkit virus.

Oleh:
Resa Esnir
Bacaan 2 Menit
Foto: RES
Foto: RES

Sekolah atau belajar dari rumah membuat kendaraan bus sekolah yang biasanya setiap pagi mengantarkan para murid menuju ke sekolah mebuat berkurangnya penggunaan. Akibatnya, bus sekolah tersebut dialihfungsikan sementara untuk membawa para pasien Virus Corona Disseas (Covid-19) menuju rumah sakit rujukan.

Hukumonline.com

Alih fungsi ini dilakukan lantaran jumlah kasus terinfeksi Covid-19 di Indonesia masih menunjukkan kenaikan. Salah satu tujuan penggunaan bus sekolah untuk memaksimalkan evakuasi para pasien yang ditengarai terjangkit virus.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

Penggunaan bus sekolah sebagai sarana transportasi mengangkut pasien Covid-19 terlihat di depan Puskesmas Sawah Besar, Jakarta Pusat. Para pasien yang ternyata berstatus orang tanpa gejala tersebut dibawa menggunakan bus sekolah ke Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Hukumonline.com

Dengan menggunakan masker dan membawa tas berisi keperluan pribadi, satu per satu pasien memasuki bus sekolah yang telah dimodifikasi mirip dengam ambulan. Bus berwarna kuning tersebut telah ditambahkan layar untuk melindungi sopir yang telah dilengkapi dengan peralatan pelindung lengkap atau alat pelindung diri (APD).

Hukumonline.com

Hukumonline.com

"Hari ini ada tujuh pasien yang akan dibawa ke RSD Wisma Atlet," ujar PLH Satuan Pelayanan Unit Pengelola Angkutan Sekolah (UPAS) Dishub DKI Jakarta Rizal Fauzi sesaat sebelum memberangkatkan pasien ke RSD Wisma Atlet, Sabtu (26/9).

Hukumonline.com

Sebelum berangkat, seorang petugas berpakaian lengkap mengecek satu per satu pasien. Kemudian tujuh pasien ini nantinya akan dirawat di tower 4 RSD Wisma Atlet. Para pasien itu merupakan pengantaran tahap pertama pasien Covid-19 dari Puskesmas Sawah Besar ke RSD Wisma Atlet. Rencananya Minggu (27/9), UPAS akan kembali mengantarkan pasien Covid-19 dari Puskesmas Sawah Besar ke RSD Wisma Atlet.

Hukumonline.com

"Sisanya hari minggu lima pasien lagi akan kami antar menggunakan Bus Sekolah untuk ke RSD Wisma Atlet," ucap Rizal.

Tags: