Pro Bono Champions 2020:

​​​​​​​Penghargaan Bergengsi Pro Bono Segera Digelar, Law Firm Andakah Pemenangnya!

​​​​​​​Total sebanyak 27 nominator yang bertarung memperebutkan 9 penghargaan.
Oleh:
RED
Bacaan 3 Menit
​​​​​​​Penghargaan Bergengsi Pro Bono Segera Digelar, Law Firm Andakah Pemenangnya!
Hukumonline

Sekitar sebulan lamanya Hukumonline menjaring Survei Hukumonline Pro Bono Award 2020 dari kantor hukum yang merupakan bagian dari pembaca setia. Penjaringan ini juga telah diumumkan di laman Hukumonline agar para kantor hukum dapat mengetahui batas waktu pengisian survei.

Survei Pro Bono Award tahun ini merupakan kali ketiga yang diselenggarakan Hukumonline. Penghargaan ini merupakan penyelenggaraan tahunan Hukumonline yang bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada advokat secara individu dan kantor hukum secara institusi yang telah konsisten menggaungkan kegiatan pro bono sebagai bagian dari profesi hukum yang terhormat (officium of nobile).

Bukan hanya itu, penghargaan ini diharapkan dapat menjadi pemantik bagi advokat Indonesia untuk berlomba-lomba memberikan bantuan hukum cuma-cuma kepada masyarakat yang membutuhkan. Terlebih kondisi 'spesial' tahun ini yang dilanda pandemi Covid-19 sehingga kesempatan advokat untuk memberikan pro bono semakin terbuka lebar.

Pada Survei Hukumonline Pro Bono 2020 ini, terdapat 115 responden yang mengisi survei. Namun, dari angka tersebut masih dipilah dan hasilnya 15 responden di antaranya merupakan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) sehingga tidak bisa disebut sebagai responden survei yang memang diperuntukkan hanya khusus bagi kantor hukum dalam kegiatan pro bono. Sedangkan kegiatan LBH pada hakekatnya adalah kewajiban memberikan layanan bantuan hukum bukan disebut sebagai pro bono.

Baca:

Kemudian, dari 100 responden tersebut, sebanyak 25 data tidak mengisi pertanyaan yang memotret praktik pro bono, 1 data ganda, 4 responden tidak memiliki praktik pro bono pada periode 1 September 2019 sampai 31 Agustus 2020. Sehingga total data tidak valid untuk menggambaran praktik pro bono adalah sebanyak 45 responden. Atas dasar itu, total data yang digunakan dalam kegiatan ini, setelah dilakukan validasi berjumlah 70 data (responden) yang dapat mewakili gambaran penerapan praktik pro bono. Angka ini sama dengan total responden Survei Pro Bono tahun 2019.

Pada survei kali ini, total sebanyak 27 kantor hukum yang menjadi nominator dari 9 kategori yang dipertandingkan. Tiap kategori terdapat 5 nominator yang memperebutkan menjadi pemenang Hukumonline Pro Bono Award 2020. Dari 27 nominator tersebut, terdapat 9 kantor hukum yang menjadi pemenangnya.

Halaman Selanjutnya:
Berita Terkait