Pro Bono Champions 2020:

​​​​​​​Ini Para Pemenang Pro Bono Award 2020

​​​​​​​Dari total 27 nominator, hasilnya terdapat 9 pemenang dari 9 kategori yang dipertandingkan.
Oleh:
Aji Prasetyo
Bacaan 3 Menit
Hukumonline Award 2020 Pro Bono Champions. Foto: RES
Hukumonline Award 2020 Pro Bono Champions. Foto: RES

Hukumonline telah merampungkan Survei Pro Bono Award Tahun 2020. Survei ini merupakan tahun ketiga yang diselenggarakan Hukumonline sebagai ajang award tiap tahun. Meskipun dilanda pandemi Covid-19, peserta yang mengikuti survei meningkat jika dibandingkan tahun pertama survei ini diselenggarakan.

"Survei kali ini merupakan tahun ketiga yang diselenggarakan Hukumonline. Pertama kali survei digelar pada tahun 2018 dan berlanjut ke tahun 2019," kata Chief Content Officer Hukumonline, Amrie Hakim saat membuka acara Hukumonline Pro Bono Award 2020 secara online, Kamis (16/12).

Amrie berharap, survei ini dapat menjadi pemantik bagi advokat Indonesia untuk berlomba-lomba memberikan bantuan hukum cuma-cuma kepada masyarakat yang membutuhkan. Apalagi di tahun ini, dengan pandemi Covid-19 yang menerpa Indonesia, kesempatan advokat untuk memberikan pro bono semakin terbuka lebar.  

Editor in Chief Hukumonline Fathan Qorib dalam laporannya menuturkan bahwa, pada tahun 2020 ini, terdapat 115 responden yang mengisi survei. Namun, dari angka tersebut masih dipilah sehingga, 15 responden di antaranya merupakan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) sehingga tidak bisa disebut sebagai responden survei yang memang diperuntukkan hanya khusus bagi kantor hukum dalam kegiatan pro bono. Sedangkan kegiatan LBH pada hakekatnya adalah kewajiban memberikan layanan bantuan hukum bukan disebut sebagai pro bono.

Kemudian, dari 100 responden tersebut, sebanyak 25 data tidak mengisi pertanyaan yang memotret praktik pro bono, 1 data ganda, 4 responden tidak memiliki praktik pro bono pada periode 1 September 2019 sampai 31 Agustus 2020. Sehingga total data tidak valid untuk menggambaran praktik pro bono adalah sebanyak 45 responden. Atas dasar itu, total data yang digunakan dalam kegiatan ini, setelah dilakukan validasi berjumlah 70 data (responden) yang dapat mewakili gambaran penerapan praktik pro bono. Angka ini sama dengan total responden Survei Pro Bono tahun 2019.

Pada survei kali ini, total sebanyak 27 kantor hukum yang menjadi nominator dari 9 kategori yang dipertandingkan. Tiap kategori terdapat 5 nominator yang memperebutkan menjadi pemenang Hukumonline Pro Bono Award 2020. Dari 27 nominator tersebut, terdapat 9 kantor hukum yang menjadi pemenangnya.

Hukumonline.com

Kesembilan pemenang tersebut antara lain, Peringkat 1 Kantor Hukum dengan Jumlah Total Jam Pro bono Terbanyak kategori 1-10 advokat, pemenangnya Farida Law Office; Peringkat 1 Kantor Hukum dengan Jumlah Total Jam Pro bono Terbanyak kategori 11-30 advokat, pemenangnya Law Firm Rei & Co Lawyer Office Jeneponto; Peringkat 1 Kantor Hukum dengan Jumlah Total Jam Pro bono Terbanyak kategori lebih dari 31 advokat, pemenangnya Assegaf Hamzah & Partners.

Berita Terkait