Pro Bono Champions 2020:

Ini Jawara Kantor Hukum dengan Komitmen Pro Bono Tertinggi

Komitmen dan kesadaran advokat untuk melakukan pro bono sangat diperlukan. Pro Bono merupakan salah satu cara bagi praktisi hukum dalam memberikan kontribusi nyata dan kepedulian pada lingkungannya yang sedang membutuhkan legal aid (bantuan hukum).
Oleh:
Fitri Novia Heriani
Bacaan 3 Menit
Kantor Hukum Legal Trust meraih Hukumonline Pro Bono Awards untuk The Highest Commitment by Pro Bono Law Firms, dalam kategori 11-30 advokat. Foto: RES
Kantor Hukum Legal Trust meraih Hukumonline Pro Bono Awards untuk The Highest Commitment by Pro Bono Law Firms, dalam kategori 11-30 advokat. Foto: RES

Hukumonline baru saja mengumumkan deretan pemenang Pro Bono Awards 2020 pada Rabu, (16/12). Survei Pro Bono Award tahun ini merupakan kali ketiga yang diselenggarakan Hukumonline. Penghargaan ini merupakan penyelenggaraan tahunan Hukumonline yang bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada advokat secara individu dan kantor hukum secara institusi yang telah konsisten menggaungkan kegiatan pro bono sebagai bagian dari profesi hukum yang terhormat (officium of nobile).

Dalam Hukumonline Pro Bono Awards 2020, terdapat sembilan pemenang dari tiga penghargaan Pro Bono Awards, yang masing-masing dipecah menjadi tiga berdasarkan kategori size kantor hukum. Salah satu kategori dalam Hukumonline Pro Bono Awards adalah The Highest Commitment by Pro Bono Law Firms atau Kantor Hukum dengan Komitmen Pro Bono Tertinggi di tahun 2020.

Adapun pemenang Hukumonline Pro Bono Awards untuk The Highest Commitment by Pro Bono Law Firms, dalam kategori 1-10 advokat jatuh kepada Andriani, Riani & Hutabarat (ARH). ARH merupakan kantor hukum dengan Kategori 1-10 advokat yang tercatat memiliki komitmen pro bono tinggi berdasarkan skoring dari tiap pertanyaan survei termasuk keterlibatan menangani pro bono terhadap klien yang terdampak Covid-19 yang dapat dikonfirmasi. (Baca Juga: Beragam Kendala Advokat Lakukan Pro Bono)

Partner ARH, Lintang Suryaningtyas menyampaikan apresiasi kepada Hukumonline yang telah menyelenggarakan Pro Bono Award. Menurutnya, award semacam ini memberikan warna dan semangat bagi para pelaku (praktisi) hukum dalam menjalankan profesinya.

Harapannya, lanjut Lintang, Hukumonline yang memiliki reputasi sangat baik dan menjadi salah satu source informasi hukum terpercaya di Indonesia dapat terus menyelenggarakan award ini di tahun-tahun mendatang dan juga kegiatan serupa terkait bidang hukum. Sehingga praktisi hukum dapat lebih terpacu menjalankan kiprahnya di bidang hukum dan tak lupa meningkatkan kepedulian terhadap sesamanya.

Lintang menambahkan kegiatan Pro Bono juga sangat membantu berbagai pihak terutama dalam kondisi Pandemi Covid-19 ini. Hal ini mengingat berbagai sektor kehidupan terimbas kondisi yang cukup buruk ini tanpa bisa dielakkan.

“Pro Bono juga merupakan salah satu cara praktisi hukum dalam memberikan kontribusi nyata dan kepedulian pada lingkungannya yang sedang membutuhkan legal aid (bantuan hukum), serta merupakan bentuk upaya untuk membantu pemerintah menjaga kondisi sosial-nasional tidak menjadi lebih buruk di kondisi pandemi global ini,” katanya.

Berita Terkait