LBH Baru Ini Beri Bantuan Hukum Gratis kepada Masyarakat Kecil
Berita

LBH Baru Ini Beri Bantuan Hukum Gratis kepada Masyarakat Kecil

LBH Cakra hadir untuk melengkapi kebutuhan pencari keadilan yang masih terasa dipinggirkan atau ketidakadilan terhadap kaum lemah.

Oleh:
Aida Mardatillah
Bacaan 2 Menit
Direktur LBH Cakra Zevrijn Boy Hendra Kanu. Foto: Istimewa
Direktur LBH Cakra Zevrijn Boy Hendra Kanu. Foto: Istimewa

Kondisi pandemi tak menyurutkan Yayasan Kasih Keadilan Bangsa (YKKB) untuk mendirikan kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH). LBH yang diberi nama Cahaya Keadilan Rakyat (Cakra) ini akan memberikan bantuan hukum kepada masyarakat kecil yang membutuhkan secara gratis. 

Acara peresmian kantor LBH Cakra di kawasan Kamal, Jakarta Utara, Sabtu (19/12/2020) yang dihadiri seluruh anggota LBH Cakra dan masyarakat setempat.

Direktur LBH Cakra Zevrijn Boy Hendra Kanu menuturkan, LBH Cakra hadir guna menambah semarak bantuan hukum yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Boy melanjutkan, LBH berbeda dari lainnya. Sebab, mereka fokus membantu rakyat kecil pencari keadilan yang selama ini selalu berada dalam posisi sulit.

"Ini sebagai sumbangsih anak bangsa untuk pembangunan hukum nasional," kata Boy dalam keterangannya saat acara peresmian LBH Cakra di kawasan Kamal, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (19/12/2020).

Menurut dia, perbedaan LBH Cakra dengan LBH lainnya yaitu LBH Cakra lebih mengutamakan integritas. Dalam tugasnya membantu rakyat kecil, mereka tak membedakan latar belakang SARA (suku, agama, ras dan antargolongan). Tim LBH ini terdiri dari para advokat senior yang berpengalaman dan matang. 

“Niat kami menolong para pencari keadilan murni tanpa mencari keuntungan,” kata Boy.

Mereka juga bekerja sama dengan organisasi advokat Peradi Perjuangan yang tersebar di 28 provinsi. LBH Cakra juga melibatkan para advokat yunior yang baru saja disumpah sebagai advokat yang berjumlah delapan orang. "Mereka siap bekerja sama dengan advokat senior dalam LBH Cakra," lanjut Boy.

Boy menjelaskan, tujuan LBH Cakra hadir untuk melengkapi kebutuhan pencari keadilan yang masih terasa dipinggirkan atau ketidakadilan terhadap kaum lemah. Itu sebabnya, LBH Cakra ingin membantu mereka yang terdzalimi hak-haknya tanpa dipungut biaya. “Kami berusaha bisa mengobati perasaan terluka akibat ketidakadilan yang dirasakan selama ini," ujarnya.

Tags:

Berita Terkait