Perkenalkan Wamenkumham, Yasonna: Jaga Integritas dan Lakukan yang Terbaik
Berita

Perkenalkan Wamenkumham, Yasonna: Jaga Integritas dan Lakukan yang Terbaik

Wamenkumham membantu Menkumham dalam hal pembentukan regulasi berkualitas yang menjadi core business Kemenkumham sesuai tuntutan publik.

Oleh:
Aida Mardatillah
Bacaan 4 Menit
Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly. Foto: RES
Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly. Foto: RES

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly menyampaikan keyakinannya bahwa Wamenkumham Prof Edward Omar Sharif Hiariej akan membantunya memenuhi tuntutan publik melalui produk hukum berkualitas. Hal tersebut disampaikan Yasonna dalam sambutannya pada acara perkenalan Wamenkumham, penyerahan SK CPNS, dan serah terima jabatan pimpinan tinggi Kemenkumham di Jakarta, Selasa (29/12/2020). 

"Pada kesempatan ini saya memperkenalkan partner kerja baru saya yaitu Prof Edward Omar Sharif Hiariej sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM. Prof Eddy bukan sosok asing bagi saya. Beliau teman diskusi saya dalam membahas persoalan hukum, khususnya dalam hal pembentukan regulasi," kata Yasonna dalam keterangannya. Turut hadir Kepala BPHN Kemenkumham RI Prof R. Benny Riyanto secara tatap muka dalam kegiatan tersebut.

"Saya sangat berharap Pak Wamen membantu saya, khususnya dalam hal pembentukan regulasi yang menjadi core business Kemenkumham. Pembentukan regulasi menjadi isu strategis yang harus bersama-sama kita sukseskan karena tuntutan publik akan adanya produk hukum yang berkualitas sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi," ucap Guru Besar Kriminologi di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian ini. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melantik enam menteri dan lima wakil menteri baru hasil reshuffle Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12/2020) kemarin. Prof Edward Omar Sharif Hiariej, yang merupakan salah satu guru besar bidang hukum di balik penyusunan RUU KUHP, ditunjuk menempati posisi Wakil Menteri Hukum dan HAM yang sebelumnya kosong. 

"Saya yakin, pilihan Bapak Presiden yang menunjuk Prof Eddy sangat tepat karena Beliau sangat paham kaidah hukum dan penerapannya dalam regulasi," ujar Yasonna. (Baca Juga: Ditunjuk Jadi Wamen, Eddy OS Hiariej: Akan Identifikasi Masalah dan Solusi di Kemenkumham)

Dalam kesempatan yang sama, Yasonna juga menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada perwakilan CPNS Kemenkumham 2019. Kepada mereka, Yasonna mengingatkan agar betul-betul menjaga integritas dalam melaksanakan pekerjaan sebagai abdi negara dan menjauhi penggunaan narkoba. 

"SK ini adalah bukti otentik sekaligus kontrak pengabdian kepada bangsa dan negara. Banyak masyarakat yang belum mendapat kesempatan dan keberuntungan menjadi ASN, seperti kalian. Kalian telah terpilih di antara banyak pilihan, jangan sia-siakan," pinta Yasonna. 

Tags:

Berita Terkait