Pedoman Interpretasi UU ITE
Kolom

Pedoman Interpretasi UU ITE

Permasalahan multitafsir dari peraturan UU ITE bukan berada di ranah Legislatif dan Yudikatif, akan tetapi berada di ranah Eksekutif itu sendiri.

Bacaan 5 Menit
Chandra Yusuf. Foto: Istimewa
Chandra Yusuf. Foto: Istimewa

Beberapa waktu lalu Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), menyebutkan pemerintah akan segera menyusun pedoman interpretasi resmi dari Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Langkah pemerintah ini terkait dengan pasal 27 ayat (3) dan pasal 28 ayat (2) UU ITE yang memiliki multitafsir. Pasal tersebut disebut sebagai pasal yang tidak memberikan keadilan dan kepastian hukum bagi masyarakat luas.

Isi dari pasal dalam UU ITE tersebut berisikan pengaturan, pelarangan, dan sanksi. Pasal 27 ayat (3) UU ITE menyebutkan bahwa "setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik". Sementara bunyi pasal 28 ayat (2) adalah "setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras dan antargolongan (SARA)".

Sanksi terhadap pelanggaran peraturan dalam pasal 27 ayat (3) UU ITE  diatur dalam pasal 45 ayat (3) UU No. 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Sanksi tersebut berbunyi, "setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik sebagaimana dimaksud dalam pasal 27 ayat (3) dipidana dengan pidana penjara plang lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp750.000.000 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah)".

Pasal-pasal tersebut dianggap pasal karet yang memiliki multitafsir. Seseorang dengan mudahnya mengadukan ke kepolisian atas perbuatan orang lain dengan alasan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik atau seseorang mengadukan orang lain atas informasi yang menimbulkan kebencian, dan permusuhan berdasarkan SARA.

Penjelasan dalam UU

UU ITE yang telah diubah menjadi UU No. 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik hanya memberikan penjelasan yang lebih lengkap. Penjelasannya diubah pasal demi pasal. Untuk merevisi penjelasan dalam pasal dibutuhkan perubahan UU. Rupanya revisi penjelasan dalam UU ITE tidak memadai sehingga pemerintah harus membuat pedoman interpretasinya. Apabila pemerintah yang membuatnya, maka pemerintah telah mengambil peran penjelasan yang terikat dengan peraturan UU ITE. Pemerintah telah menarik penjelasan UU ITE kedalam wilayah kekuasaan eksekutif.

Pedoman interpretasi terhadap UU ITE akan menggantikan penjelasan dari UU ITE. Padahal penjelasan merupakan bagian dari UU ITE, yang nyatanya untuk melakukan perubahan penjelasan, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) wajib melakukannya melalui revisi UU. Penjelasan UU ITE akan menjadi rujukan dalam mengartikan isi dari UU ITE, kecuali dinyatakan cukup jelas. Pertanyaan yang timbul adalah apakah kekuasaan eksekutif dapat mengambilalih kekuasaan legislatif dalam memberikan Penjelasan?

Harold J. Lasy mengatakan bahwa negara adalah suatu masyarakat yang diintegrasikan karena mempunyai wewenang yang bersifat memaksa. Kekuasaan negara tersebut dipisahkan berdasarkan fungsi dan kewenangannya. Ide Montesquieu tentang pemisahan kekuasaan (separation of power) bertujuan menghindari konsentrasi kekuasaaan negara berada di tangan satu penguasa yang otoriter. Oleh karenanya, Montesquieu membagi kekuasaan negara menjadi legislatif (pembuat UU), eksekutif (pelaksana UU) dan yudikatif (wasit dari pelaksanaan UU). Semuanya wajib terintegrasi satu dengan lainnya dengan baik. Kekuasaan yudikatif dituangkan dalam institusi peradilan.  

Tags:

Berita Terkait